Asisten Pembinaan Kejati Riau mengikuti kegiatan Sosialisasi Penilaian Mandiri Penyelenggaraan Maturitas SPIP Terintegrasi di Lingkungan Kejaksaan RI Tahun 2023 secara virtual

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru – Asisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi Riau Dr. Robinson Sitorus, S.H., MM., M.H mengikuti kegiatan Sosialisasi Penilaian Mandiri Penyelenggaraan Maturitas SPIP Terintegrasi di Lingkungan Kejaksaan RI Tahun 2023 secara virtual.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi Riau Dr. Robinson Sitorus, S.H., MM., M.H, Para Kasubbag bidang Pembinaan Kejaksaan Tinggi Riau beserta Para Auditor bidang Pengawasan Kejaksaan Tinggi Riau.

Adapun tujuan dilaksanakannya Sosialisasi Penilaian Mandiri Penyelenggaraan Maturitas SPIP Terintegrasi di Lingkungan Kejaksaan RI Tahun 2023 yaitu agar lebih memahami Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberi keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundangundangan.

Baca Juga :   Dilarang Terlibat Politik, Danrem 031/WB Tegaskan Netralitas TNI Harga Mati

Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang selanjutnya disingkat SPIP adalah sistem pengendalian intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Maturitas Penyelenggaraan SPIP adalah tingkat kematangan SPIP dalam mencapai tujuan pengendalian yang meliputi kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Baca Juga :   Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 Dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan.

Penilaian atas Maturitas Penyelenggaraan SPIP adalah penilaian atas tingkat kematangan SPIP dalam mencapai tujuan pengendalian yang meliputi efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan organisasi, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Ruang lingkup penilaian atas maturitas penyelenggaraan SPIP Terintegrasi :
a. mekanisme penilaian;
b. fokus penilaian;
c. komponen penilaian; dan
d. periode yang dinilai.

Baca Juga :   Cegah Balap Liar Jalanan, Polsek Bukit Raya Amankan 16 Unit Sepeda Motor Berknalpot Brong.

Kegiatan Sosialisasi Penilaian Mandiri Penyelenggaraan Maturitas SPIP Terintegrasi di Lingkungan Kejaksaan RI Tahun 2023 secara virtual berjalan aman, tertib dan lancar serta menerapkan secara ketat protokol kesehatan (prokes).

 

Komentar