Berhasil Kelola Hidroponik, Seksi GIATJA Lapas Pekanbaru Panen Sayuran Pakcoy

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru – Seksi Kegiatan Kerja (Giatja) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru kembali melakukan panen tanaman hidroponik berupa Sayuran Pakcoy di area Green House Lapas Kelas IIA Pekanbaru Pekanbaru, Selasa (14/11).

Kegiatan ini termasuk ke dalam Pembinaan Kemandirian kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Tanaman Hidroponik sendiri masuk dalam kategori agrobisnis yakni kegiatan bercocok tanam, peternakan dan perikanan.

Baca Juga :   Disdukcapil Pekanbaru Gelar Pelayanan Penertiban Dokumen di Kecamatan Kulim

Kegiatan agrobisnis ini sebagai bentuk tindak lanjut dari program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham RI) dalam mendukung program ketahanan pangan Nasional.

Panen sayur hidroponik ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sebagai bukti berjalannya salah satu kegiatan pembinaan kemandirian di Lapas Kelas IIA Pekanbaru. Hasil panen ini diberikan kepada PT Green Farm sebagai mitra kerja yang memasarkan hasil panen tersebut. Untuk diketahui Lapas Kelas IIA Pekanbaru sebelumnya telah bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menampung setiap hasil panen dari WBP Lapas Pekanbaru dan akan didistribusikan ke berbagai pasar atau supermarket yang ada di Pekanbaru.

Baca Juga :   Dandim 0301 PBR Dampingi Danrem Dany Rakca bersama Forkompinda Serahkan Paket Sembako Kepada Warga Terdampak Banjir

“Berbagai upaya dan inovasi telah dilaksanakan oleh Seksi Giatja dalam hal kegiatan pembinaan dan pelatihan keterampilan terhadap WBP, termasuk dalam hal memasarkan hasil panen hidroponik WBP. Selain bekerja sama dengan pihak ketiga sebagai penampung hasil panen dalam skala besar, kami juga tidak menutup peluang untuk konsumen yang ingin membeli langsung kepada pihak Lapas Pekanbaru khususnya pada Seksi Giatja,” ungkap Jefriandy selaku Kepala Seksi Giatja Lapas Pekanbaru.

Baca Juga :   Jelang Pemilu, Kanwil Kemenkumham Riau Ikuti Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Pemilu

Komentar