BPK RI Serahkan LHP Keuangan Daerah, Rohil Kembali Raih WTP

Allnewsterkini. Com | PEKANBARU — Untuk yang kesekian kalinya, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) kembali mendapatkan nilai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) pada penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan Daerah Kabupaten Rohil Tahun 2023.

LHP Laporan Keuangan Daerah Tahun 2023 tersebut diserahkan langsung oleh Ketua BPK RI perwakilan Provinsi Riau Jariyatna, kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong, pada Rabu (22/05/2024) di Aula Kantor Badan Pemeriksaan Keuangan Perwakilan Provinsi Riau, Kota Pekanbaru.

Baca Juga :   Kunjungi Disdukcapil, Wabup Sulaiman: Pelayanan Kepada Masyarakat Sangat Bagus dan Semakin Membaik

Dalam sambutannya Jariyatna menyampaikan untuk menilai kewajaran penyajian laporan keuangan opini tanpa pengecualian ini merupakan pernyataan profesional, jadi BPK selain Aparatur Sipil Negara (ASN) juga sebagai profesi, sehingga terikat dengan kode etik pemeriksa.

“Kami dalam melakukan pemeriksaan tentu saja sesuai dengan standar pemeriksaan keuangan negara. Pemeriksaan keuangan ini memang tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan atau dalam pengelolaan keuangan,” ucapnya.

Baca Juga :   Satgas Pam KPU Polres Rokan Hilir Pamwal Pergeseran Surat Suara Pemilu 2024

“Meskipun demikian, jika pemeriksa menemukan adanya indikasi kecurangan, penyimpangan atau pelanggaran terhadap kebutuhan perundang-undangan, kami sudah menerapkan prosedur yang cukup dalam rangka pemeriksaan keuangan,” imbuhnya.

Jariyatna juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati/ Wali Kota dan pimpinan DPRD serta seluruh jajaran atas kerja samanya, sehingga dapat mendukung penyelenggaraan keuangan daerah dengan Opini WTP.

“Dalam pemeriksaan tahun ini, Provinsi Riau sudah semakin baik, di mana ada berapa Pemda yang penyelesaian terkait dengan penemuan keuangan sudah ada yang mencapai 76%, Bengkalis 70%, Dumai 76%, Kampar75%, sisanya berkisar antara 30% sampai dengan 50%. Dan ini adalah satu prestasi yang luar biasa bagus,” ujar Jariyatna.

Baca Juga :   Berkunjung ke Rohil, Danrem 031 Wirabima Tinjau Lokasi Karhutla di Rantau Bais.

Selain Bupati Rohil, acara penyerahan LHP Keuangan Daerah tersebut juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Sekda Rohil Fauzi Efrizal, Kepala Inspektorat Roy Azlan, Kepala BPKAD Darwan, dan kepala OPD lainnya.

Komentar