Gelar Blue Light Patrol, Polresta Pekanbaru Berhasil Amankan 29 Unit Sepeda Motor 

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru – Guna mengantisipasi aksi balap liar serta kejahatan jalanan, Polresta Pekanbaru bersama Polsek Jajaran kembali menggelar Blue Light Patrol di beberapa lokasi atau ruas jalan di Kota Pekanbaru, Sabtu (03/06/2023) malam, hingga Minggu (04/06/2023) dinihari

Patroli gabungan yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Andrie Setiawan ini berhasil mengamankan 29 unit sepeda motor yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan lainnya yang diduga digunakan untuk aksi balap liar.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri RP Siagian melalui Kasat Reskrim, Kompol Andrie Setiawan mengatakan, 29 unit sepeda motor tersebut langsung diamankan ke Mapolresta Pekanbaru.

Baca Juga :   Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Mengikuti Kegiatan Musrenbang Kejaksaan RI Tahun 2024

“Saat diamankan para pengendara yang mayoritas usia muda ini tidak bisa memperlihatkan SIM ataupun surat surat kendaraan. Kendaraan yang diamankan juga menggunakan knalpot brong, tidak menggunakan TNKB ataupun kelengkapan lainnya,” kata Kompol Andrie, Minggu (04/06/2023).

Selain mengamankan kendaraan, tambah Kasat, pihaknya juga membawa remaja yang mengendarai kendaraan tersebut ke Mapolresta Pekanbaru untuk didata dan dimintai keterangan lebih lanjut.

“Bukan hanya kendaraannya saja, pengendaraanya juga kita bawa ke Mapolresta untuk didata dan dimintai keterangannya,” kata Andrie.

Kasat menjelaskan, blue Light patrol ini digelar untuk antisipasi timbulnya gangguan Kamtibmas dari para pelaku Curas, Curat serta Curanmor (C3) serta mengantisipasi aksi balap liar di wilayah hukum Polresta Pekanbaru.

Baca Juga :   Mewakili Ketua Umum PB PGRI, Dudung Abdul Qodir Resmi Lantik Pengurus PGRI Riau Periode 2019-2024

“Patroli ini kita gelar untuk Menciptakan Kamseltibcar Lantas yang aman dan berkeselamatan di wilayah hukum Polresta Pekanbaru serta untuk mengantisipasi kejahatan jalanan C3, Curat, Curas dan Curanmor dan mengantisipasi aksi balap liar,” kata Kompol Andrie.

Dimana patroli ini menyisir lokasi-lokasi rawan gangguan kamtibmas seperti Jalan Sudirman sekitaran MTQ, Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Arifin Ahmad, Jalan HR Subrantas, Jalan SM. Amin, Stadion Naga Sakti, serta beberapa lokasi rawan lainnya di wilayah hukum Polsek jajaran.

“Dalam patroli tersebut kita menyisir lokasi-lokasi yang kerap dijadikan arena balap liar selain itu kita juga menyisir lokasi-lokasi rawan aksi kriminalitas,” kata Kasat.

Baca Juga :   Kadispora Pekanbaru Hadiri HUT KNPI ke 50, Hazli, Tingkatkan Kesinergian

Untuk mengantisipasi aksi balap liar ini kembali terjadi, Kasat menghimbau kepada para orang tua agar lebih mengawasi anak anaknya saat keluar malam apalagi hingga dinihari dan menggunakan sepeda motor.

“Kami juga menghimbau kepada orang tua agar selalu mengawasi anak-anaknya untuk tidak keluar rumah melewati batas jam malam dan hendaknya orang tua juga tidak membiarkan apabila kedapatan anaknya merubah spesifikasi kendaraan bermotor terutama kenalpot brong yang tidak sesuai aturan karena suara yang ditimbulkan dapat mengganggu kenyamanan masyarakat umum,” tutup Andrie.

Komentar