Horee! SIM Mati Masih Boleh Diperpanjang Besok

Allnewsterkini.com – Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) di hari libur Kenaikan Isa Almasih hari ini tutup. Sebagai dispensasi, SIM yang masa berlakunya habis hari ini masih bisa diperpanjang tanpa harus bikin baru.

Sejatinya, sesuai aturannya SIM yang mati lewat sehari pun harus bikin baru dengan mekanisme penerbitan seperti ujian teori dan praktik. Besaran biayanya juga berbeda.

Hal itu diatur dalam Peraturan Kepolisian No. 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi. Tertulis pada pasal 4 ayat 3 Perpol No. 5 Tahun 2021, dalam hal SIM lewat dari masa berlakunya, harus diajukan penerbitan SIM baru.

Baca Juga :   Pengurus Daerah Kerukunan Bubuhan Banjar (PD- KBB) Bengkalis Audensi ke Kajari

Namun, pada hari libur nasional ini ada pengecualian. Dikutip dari akun twitter resmi TMC Polda Metro Jaya, dalam rangka libur nasional Kenaikan Isa Almasih, pelayanan SIM pada tanggal 18 Mei 2023 ini diliburkan. Pelayanan SIM yang dimaksud antara lain pelayanan di Satpas Daan Mogot, Unit Satpas DKI Jakarta, Unit Gerai SIM dan Unit Sim Keliling DKI Jakarta. Pelayanan penerbitan SIM dibuka kembali besok, Jumat (19/5/2023).

Baca Juga :   Surya Paloh Sindir Ada Partai Sombong, Jawaban Megawati

“Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal 18 Mei 2023 dapat melaksanakan perpanjangan SIM pada hari Jumat, tanggal 19 Mei 2023,” tulis TMC Polda Metro Jaya.

Sementara itu, untuk biaya perpanjangan SIM sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp 80.000 untuk perpanjangan SIM A (mobil) dan Rp 75.000 untuk perpanjangan SIM C (sepeda motor). Biaya itu belum termasuk tes kesehatan dan tes psikologi.

Baca Juga :   Kejagung Tetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate Jadi Tersangka

Adapun syarat perpanjangan SIM A atau C antara lain:

Fotokopi KTP yang masih berlaku;
Fotokopi SIM lama dan SIM asli;
Bukti Cek Kesehatan;
Bukti Tes Psikologi.

Komentar