Jumat Curhat, Kapolsek Tualang Respon Keluhan Warga Terkait Maraknya Penggunaan Racun Ikan Disungai

Allnewsterkini. Com | PERAWANG – Salah satu program Polri dalam pendekatan kepada masyarakat adalah dilaksanakan nya kegiatan Ju’mat Curhat, yang dilaksanakan oleh semua jajaran Kepolisian hingga ke tingkat Polsek. Untuk itu Polsek Tualang pada Jum’at (26/5/23) melaksanakan kegiatan Ju’mat Curhat di RK 01 Dusun Surya Kp. Tualang Kec. Tualang Kab. Siak guna melaksanakan salah satu program Polri tersebut.

Kapolsek Tualang Kompol Arry Prasetyo.SH.MH, langsung memimpin kegiatan tersebut didampingi Panit IK Iptu Suwondo Panit Binmas Ipda Sugeng Mishari SH dan Bhabinkamtibmas Kp. Tualang Bripka M. Eko, Turut hadir juga Kepala Kp. Tualang Juprianto.S.Sos.MIP dengan mengundang beberapa tokoh masyarakat Kp.Tualang, Ketua RT, RK, Pol Airud Polda, Komunitas pemancing di Kp. Tualang dan beberapa warga yang tinggal di pinggiran aliran sungai siak guna mendengar langsung keluhan serta aspirasi dari masyarakat.

Baca Juga :   Antisipasi Pelanggaran, Laka Lantas dan C3, Unit Lantas Polsek Minas Giat Patroli Blue Light di Daerah Rawan

Suprijal dan Teguh sebagai pemancing dan nelayan Kp. Tualang yang hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan beberapa hal terkait pencemaran lingkungan.

Suprijal dan Teguh menyampaikan bahwa akhir – akhir ini ada aduan dari beberapa warga yang tinggal di pesisir jalur atau aliran sungai siak di beberapa tempat sepanjang aliran sungai siak oleh pemancing. Dimana beberapa oknum masyarakat yang mencari ikan sepanjang aliran sungai siak dengan cara meracun ikan dan udang menggunakan Potas/ Decis yang menyebabkan ikan dan udang mati serta pencemaran air sungai.

Baca Juga :   Antisipasi Karhutla, Bhabinkamtimas Polsek Minas Lakukan Sosialisasi Larangan Membakar Lahan

” Makanya beberapa masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai tidak berani menggunakan air sungai ini keperluan sehari-hari pak” ucap Junaidi.

Kemudian Suprijal menambahkan agar pihak Polsek Tualang bisa menindaklanjuti hal tersebut agar masyarakat tidak resah dan berpotensi mengambil kebijakan sendiri, seperti menahan pelaku peracun ikan dan udang tersebut. Setelah mendengar semua keluhan dan penyampaian dari masyarakat yang hadir pada kegiatan Jum’at Curhat tersebut, Kapolsek Tualang akan melakukan langkah – langkah atau beberapa tindakan.

Baca Juga :   Tembus Hujan dan Angin Kencang, Satpolair Polres Siak Sampaikan Pesan Pemilu Damai Hingga Perbatasan

“Kami akan segera memberikan himbauan sosialisasi bersama Dinas Perikanan Kab.Siak kepada seluruh warga terkhusus nya masyarakat Kampung Tualang dan sekitarnya untuk pencegahan penggunaan racun ikan kpd nelayan” imbuh Kompol Arry.

Kemudian Kompol Arry menyampaikan bahwa pihak Polsek Tualang akan mengundang tokoh masyarakat, instansi terkait, tokoh pemuda, komunitas pemancing Tualang dan warga yang tinggal di sepanjang jalur / aliran sungai untuk melaksanakan musyawarah dan mencari solusi terkait beberapa permasalahan yang terjadi supaya tidak terjadi potensi konflik kedepan nya.

Komentar