Kampung Nelayan Maju (KALAJU) Desa Upang Marga

Allnewsterkini. Com | Banyuasin Upang Marga – Dengan melihat kondisi yang demikian dan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Nelayan dengan bertempat tinggal di hunian yang sehat dan asri, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Perijinan dan Kenelayanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap meluncurkan Program Baru yaitu KALAJU, Kampung Nelayan Maju yang merupakan sinergi beragam kegiatan untuk mewujudkan kampung nelayan yang tertata, maju, bersih, sehat, dan nyaman, yang mampu meningkatkan kualitas dan produktifitas kehidupan nelayan dan keluarganya.

Karena selama ini kita mengenal definisi Kampung Nelayan adalah suatu lingkungan permukiman masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan yang melakukan mata pencaharian penangkapan ikan di perairan laut atau di perairan darat. Kawasan kampung nelayan umumnya dekat dengan sentra perikanan (Pelabuhan perikanan/tempat pendaratan ikan) yang menjadi pusat aktifitas para nelayan.

Baca Juga :   Jaksa Agung ST Burhanuddin: Paradigma Penegak Hukum Berorientasi pada Keadilan Substansial dan Inklusif

 

-Kampung Nelayan Maju (KALAJU) Desa Upang Marga, Kecamatan Air Salek , kabupaten Banyuasin , mendapatkan bantuan dari Dirjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia untuk pembangunan dan pengembangan Kalaju,Senin (06/05/24)

“Bantuan pembangunan gapura dan Jembatan, dan lainnya yang diterima oleh Kepala Desa Upang Marga, Syaiful lizan S IP M Si, merupakan bantuan yang berasal dari Dirjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. Bantuan diberikan berdasarkan Program Kampung Nelayan Maju (Kalaju) di tetapkan Desa Upang Marga, yang pada umumnya masyarakat bekerja sebagai nelayan.

Baca Juga :   Kapolres Serdang Bedagai dan Muspika Kecamatan Kotarih Sinergi Perkuat Kamtibmas

Kalaju merupakan program unggulan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk Tahun 2024, Program ini juga menjadi salah satu visi misi dari bapak kepala desa Upang Marga, Syaiful lizan S IP M Si,

untuk pembanguan ( Kalaju) desa Upang Marga, Adapun pembangunan yang dilaksanakan dari bantuan tersebut adalah pembangunan gapura , jalan, dan jembatan, ucap kepala desa Upang Marga, Syaiful lizan, S IP. M Si, Saat di Konfirmasi Awak media.

Baca Juga :   Kalapas Narkotika Karang Intan Hadiri Penandatanganan Komitmen Bersama Kanwil Kemenkumham Kalsel

Ia menambahkan, pada awalnya Desa Upang Marga, tidak termasuk salah satu daerah yang menerima bantuan ini, namun dengan koordinasi, menjadi salah satu desa penerima bantuan untuk pembanguan Kalaju, Ucap nya

“Kita berharap penerima bantuan untuk benar-benar menjalankan bantuan secara transparan. Bagus atau tidaknya pembanguan kalaju ini, masyarakat juga yang akan menikmati hasilnya dan akan berdampak dengan bantuan selanjutnya.tutup nya

Wartawan :Mulyadi

Komentar