Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, Bersama PJU Polres Dumai dan Kapolsek Dumai Kota, Melakukan Kegiatan Safari Subuh di Masjid Taqdir Illahi

Allnewsterkini. Com | DUMAI – Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si bersama Pejabat Utama Polres Dumai dan Kapolsek Dumai Kota melakukan kegiatan Safari Subuh di Masjid Taqdir Illahi Jalan Kamboja Kelurahan Dumai Kota Kecamatan Dumai Kota, Jumat (19/1/2024).

Usai melaksanakan Sholat Subuh Berjama’ah, dalam suasana penuh ketenangan dan kehangatan, Kapolres Dumai melanjutkan kegiatan dengan pelaksanaan Subuh Edukasi dan Jumat Curhat dalam rangka Cooling System. Melalui semangat Polri Presisi dan tulus ikhlas mengabdi dalam menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Dumai beserta Polsek Jajarannya aktif mengedukasi dan mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta mensukseskan Pemilu Damai 2024 tanpa isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA serta menggunakan hak pilih untuk kemajuan Indonesia.

Subuh Edukasi merupakan pengembangan dari Jumat Curhat yang akan dilaksanakan secara rutin oleh Polres Dumai dan Polsek Jajaran Polres Dumai sebagai upaya untuk mempererat silaturrahmi, mengimplementasikan Polri hadir ditengah masyarakat serta menampung keluh kesah masyarakat untuk mengetahui situasi dan merespon persoalan-persoalan yang ada ditengah masyarakat Kota Dumai. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman serta edukasi kepada masyarakat Kota Dumai guna mencegah terjadinya misinfirmasi dan disinformasi dalam Pemilu 2024.

Baca Juga :   Peringati Hari Jadi Polwan Ke-75, Polwan Polres Dumai Anjangsana Ke Rumah Purnawirawan

“Edukasi makna Pemilu Damai 2024 sangat diperlukan agar seluruh masyarakat mendapatkan pemahaman yang benar ditengah banjir arus informasi di media sosial dan platform digital lainnya. Dan ini merupakan salah satu upaya Polri dalam melindungi masyarakat agar tidak salah langkah dan tidak terjebak oleh informasi sesat yang mengandung isu negatif, berita bohong atau fitnah, ujaran kebencian, isu SARA, kampanye hitam hingga kampanye negatif lainnya yang dapat mengorbankan persatuan dan kesatuan,” ungkap AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si.

Melalui program Subuh Edukasi dan Jum’at Curhat, lanjut Kapolres Dumai, diharapkan dapat membawa berbagai dampak positif yakni memakmurkan masjid, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, mempererat silaturahmi hingga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Bahkan dirinya juga berharap dapat membawa dampak terciptanya situasi Kamtibmas di Kota Dumai yang aman, damai dan kondusif. Selain memberikan edukasi, pihaknya juga hadir untuk bersilaturahmi, berdiskusi, saling bertukar informasi dan mendengarkan berbagai permasalahan hingga keluhan untuk mengetahui situasi dan isu-isu yang berkembang ditengah masyarakat serta menawarkan solusi yang sesuai dengan tugas dan tanggungjawab Kepolisian.

Kapolres Dumai juga meminta masukan, aduan hingga saran dari masyarakat khususnya untuk kemajuan Kota Dumai maupun kemajuan institusi Polri serta penguatan fungsi Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Baca Juga :   Lewat Police Goes To School, Satlantas Polres Dumai Berikan Edukasi Tertib Berlalu Lintas.

Melalui kegiatan tersebut, Kapolres Dumai juga berharap agar seluruh masyarakat dapat bersama-sama peduli terhadap sesama dan lingkungan serta menjaga situasi Kamtibmas yang aman, damai, tertib dan kondusif di Kota Dumai menjelang, saat dan pasca Pemilu 2024 mendatang tanpa isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA serta menggunakan hak pilihnya dengan bijak untuk kemajuan Indonesia.

Berbagai program terus dilaksanakan sebagai wujud upaya Polri dalam menyampaikan himbauan damai dalam rangka cooling system atau sistem pendingin guna mencegah timbulnya konflik atau ketegangan menjelang Pemilu 2024 yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Kapolres Dumai juga menyoroti pentingnya menjaga semangat kebersamaan dan menghormati berbagai perbedaan khususnya perbedaan pendapat dan atau pilihan politik. Partisipasi dan keterlibatan aktif seluruh masyarakat dalam Pemilu merupakan cerminan kuatnya demokrasi di Indonesia.

Tak hanya menerima sesi tanya jawab melalui kegiatan tersebut, untuk mendengarkan dan menampung seluruh masukan, saran, keluhan ataupun aduan dari masyarakat serta memberikan solusi melalui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, Kapolres Dumai juga memperkenalkan program inovasi miliknya yakni menyediakan layanan aduan yang langsung terhubung melalui WhatsApp Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si melalui nomor 0821-9819-8154.

Baca Juga :   Ketua DPW IKM Riau Suharmasyah SH MH Resmi Buka Rakerda ke - I DPD Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Kota Dumai

“Silahkan hubungi ataupun sampaikan pengaduannya secara langsung melalui WhatsApp pengaduan dengan nomor 0821-9819-8154. Seluruh masyarakat dapat menyampaikan keluhan terkait apapun, mulai dari gangguan Kamtibmas hingga yang membutuhkan bantuan ataupun penanganan segera. Tak hanya itu, seluruh masyarakat juga dapat menginstal Aplikasi ‘Polri Super App’ di Play Store ataupun App Store dan menghubungi Layanan Call Center Polri Polres Dumai (0765) 110 yang selalu tersedia selama 24 jam dan dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan kemudahan layanan lainnya,” pungkas Kapolres Dumai.

Kemudian sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai dalam menyongsong pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Kapolres Dumai juga memberikan santunan zakat profesi berupa paket sembako kepada puluhan orang perwakilan masyarakat diwilayah hukum Polsek Dumai Kota.

Pantauan dilapangan, hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Log Polres Dumai Kompol Masrial Tanjung, Kasat Binmas Polres Dumai AKP Hardiyanto, S.E, M.Si, Kasat Samapta Polres Dumai AKP M. Sahudi, S.H diwakili Kanit Dalmas 1 Iptu Sofiadi, Imam Masjid Taqdir Illahi Lukman Hakim, Ketua Masjid Taqdir Illahi Rusdi dan para jamaah Masjid Taqdir Illahi dan masyarakat sekitar lainnya.

Komentar