Rakor TPID Bersama Mendagri RI Tito Carnavian, Pj Bupati Kampar Mhd. Firdaus : Persediaan dan Harga masih stabil dan Terkendali.

Allnewsterkini. Com | Bangkinang Kota – Penjabat (Pj) Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE MM, didampingi Pj Sekda Kampar Azwan, M.Si, Inspektur Kampar Febrinaldi Tridarmawan, S.STP.M.Si, Kadis Pertanian Kampar Nurilahi Ali, SP.M.Ma, Sekretaris Dishub Kampar Kholis Febriyasmi, S.STP.M.Si Kabag Ekonomi Setda Kampar Zamhur mengikuti Zoom Meeting terkait Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2023 yang dilaksanakan di Ruang Ruang Vidcon Lt 2 Kantor Bupati Kampar, Senin(12/6).

Setiap minggunya Rakor pengendalian inflasi daerah tahun 2023 ini rutin dilaksanakan yang di buka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D., yang diikuti oleh berbagai Lembaga, Kepala Daerah Se Indonesia.

Baca Juga :   Tinjau Jembatan Embung Sungai Sonsang, Pj Bupati Kampar Hambali ; Segera Perbaiki

Dalam arahannya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D., menyampaikan pesan kepada seluruh daerah agar nantinya tidak terjadi kenaikan harga tinggi dan naik terus menerus, ini harus menjadi perhatian kita bersama untuk terus kita pantau akan kestabilan harga pangan agar nantinya tidak memberatkan konsumen atau masyarakat.

Selanjutnya Tito Karnavian sampaikan melalui data dari Badan Pusat Statistik bahwa komoditas penyumbang utama kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) di sejumlah Kabupaten/Kota sampai dengan minggu pertama bulan juni 2023 adalah daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah dan cabai rawit.

Baca Juga :   Bersama Danrem, Pj Bupati Kampar Tinjau Beberapa Rumah Terendam Banjir di Kualu Kecamatan Tambang

Begitu juga sebabaliknya bahwa komoditas penyumbang utama penurunan IPH sejumlah Kabupaten/Kota sampai dengan minggu pertama juni 2023 adalah bawang merah, cabai rawit, beras dan cabai merah

Dijelaskan Mendagri, Ini menunjukkan bahwa disetiap daerah ada beberapa komoditas pangan yang menjadi penyumbang kanaikan IPH dan juga beberapa komoditas pangan yang penyumbang untuk penurunan IPH, untuk itu mari kita sama sama untuk terus melakukan langkah langkah dan upaya agar setia daerah mampu untuk mengendalikan inflasi baik itu mengendalikan harga pangan maupun jasa.

Sementara itu Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE.MM menyampaikan bahwa kita akan terus mengikuti perkembangan dan melakukan upaya dalam pengendalian inflasi daerah sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Mendagri RI.

Baca Juga :   Polres Kampar Gelar Bakti Sosial Religi, Lakukan Goro di Masjid

Untuk saat ini disaat Kabupaten Kampar harga-harga bahan pangan masih relatif stabil dan ini akan terus kita awasi dan kita pertahankan agar tidak terjadi kenaikan akan bahan pangan.

Selain itu, kita juga sudah melakukan berbagai inovasi strategis dalam mempertahankan ketersedian pangan, melakukan monitor, evaluasi, intervensi guna mendorong kerjasama antar daerah dan dalam waktu dekat ini kita akan langsung turun untuk melakukan pasar murah di beberapa daerah.

Komentar