Tak Ada Pengurangan Kuota, Disdik Pekanbaru Segera Sosialisasi PPDB

Allnewsterkini. Com | PEKANBARU – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023 tingkat SD dan SMP negeri di Pekanbaru dimulai 26 Juni 2023 ini. Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru mulai bersiap untuk rangkaian PPDB.

Pasalnya, PPDB untuk tingkat SMP negeri menggunakan sistem online. Ada perangkat jaringan yang digunakan untuk PPDB dan jalur zonasi.

“Para wali murid yang akan mendaftarkan anaknya di sekolah negeri diminta mempersiapkan segala persyaratannya,” kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Sabtu (3/6).

Dirinya menjelaskan, bahwa calon peserta didik sebelum mendaftar bisa mengunduh lebih dahulu laman PPDB di rumah. Proses verifikasinya dilakukan oleh petugas PPDB di sekolah.

Baca Juga :   Kejaksaan Tinggi Riau Gelar Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di SMKS Dharma Maitreya Bengkalis

Ada alternatif sekolah terdekat dari rumah sehingga bisa dipilih oleh para calon peserta didik. Para calon peserta didik bisa memilih dua dari lima sekolah pilihan yang masuk dalam zonasi.

Untuk kuota peserta didik baru tingkat SMP negeri, Disdik masih melakukan perhitungan mengingat ada dua SMP negeri baru yang akan dibangun tahun ini. Di mana pada PPDB 2022 lalu, kuota SMP negeri berkisar 9.079 orang.

Baca Juga :   Satgas Kamseltibcarlantas Operasi Mantap Brata LK 2023-2024, Pengamanan dan pengawalan Tim kampanye nasional Prabowo-Gibran

“Pada PPDB tahun ini, untuk PPDB SMP akan memakai sistem online. Sementara untuk PPDB SD bisa langsung ke sekolah yang bersangkutan atau manual,” terang Jamal.

Sesuai surat edaran dari Kemendikbud RI, sistem PPDB tahun ini masih mengutamakan sistem zonasi. Ada tiga jalur dalam PPDB kali ini. Yakni jalur zonasi bagi masyarakat setempat, jalur afirmasi bagi masyarakat miskin, jalur pindah luar kota dan jalur prestasi.

Selain itu, ada juga jalur hafiz Quran bagi peserta didik yang hendak masuk SMP negeri. Mereka yang hafal dua hingga lima juz bisa diterima di SMP negeri pilihan. ”Bisa diterima langsung di SMP negeri, kalau dia memang hafiz Quran, dua atau lima juz,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol. Jeki Rahmat Mustika, SIK. Bersilaturahmi Ke Gedung LAMR Kota Pekanbaru

Ia juga menyebut, kuota dalam PPDB di SD negeri maupun di SMP negeri tidak ada penurunan. ”Jumlahnya masih kami hitung secara rinci. Apalagi ada dua SMP baru, yang bakal menerima peserta didik baru,” jelas Jamal.

Disdik saat ini segera memasuki tahap sosialisasi kepada calon peserta didik. Pihaknya segera menyampaikan tautan atau link untuk PPDB tingkat SMP negeri(ril)

Komentar