Untuk Tingkatkan Pelayanan Pelayanan Dan Fungsi, Menhub Tinjau Bandara TuanKu Tambusai

Allnewsterkini. Com | ROKAN HULU– Menteri Perhubungan (Menhub) Dr HC Ir Budi Karya Sumadi melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) sekaligus peninjauan Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian, Sabtu (4/5/2024).

Rombongan Menhub RI di dampingi Mantan Menko Perekonomian Darmin Nasution, Dirjen Udara Maria Kristi Endah Murni, Karo SDMO Wismantono, Direktur Bandar Udara Lukman F Laisa dan Arsitek Sarah.

Kedatangan Menhub ke Bandara TuanKu Tambusai disambut Bupati Rohul H Sukiman bersamaWakil Bupati H Indra Gunawan, Kapolres AKBP Budi Setiyono SIK MH, Dandim 0313/ KPR Letkol Inf Setiawan Hadi Nugroho SH MIP, Kepala Bandara Tuanku Tambusai Tri Yono P, Kepala Pengadilan Negeri Pasir Pangaraian Rony Suata SH MH, Kajari Rohul Fajar Haryo Wimbuko SH MH, Sekdakab Muhammad Zaki, S STP M Si, Waka Polres Kompol Rahmat Hida SIK

Terpantau rangkaian kegiatan Kunker Menhub RI di Bandara Tuanku Tambusai, melakukan peninjauan terhadap Bandara Tuanku Tambusai, melaksanakan Rapat Internal, makan bersama dengan Forkopimda Rohul

Dalam kesempatan itu, Menhub mengapresiasi keberadaan Bandara TuanKu Tambusai, perlunya optimalisasi fasilitas ini, untuk memudahkan Masyarakat melakukan perjalanan dari Kabupaten Rohul ke tempat lain.

Baca Juga :   Polri Peduli Lingkungan, Polres Rohul Tanam 2.500 Pohon

“Bandara Tuanku Tambusai sudah bagus, apalagi sekarang ini sudah ada konektivitas ke Batam se Minggu dua kali, namun Kami berfikir bandara itu harus dioptimalkan oleh karenanya rute penerbangan nya tidak hanya ke Batam, tapi juga ke daerah lain seperti Medan dan Lain sebagainya,” ungkapnya.

“Kepada Bupati dan Forkopimda ada satu hal yang harus diselesaikan terkait hal ini, Menhub akan mengkoordinasikan dengan Kementerian Desa terkait pembebasan lahan Bandara agar bisa segera diserahkan kepada Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Bupati Rohul H Sukimin mengatakan proses peralihan aset sudah diajukan ke Kemenhub saat ini sedang dalam tahapan pengajuan ke Kementerian Desa.

“Semoga segera terlaksana, kita hanya mengajukan, persetujuannya berada di pihak kementerian,” katanya.

H Sukiman berharap dengan secepatnya diserahkan manajemen operasional Bandara kepada Kemenhub.

“Maka pelayanan kepada Masyarakat akan dapat ditingkatkan, dalam waktu yang tidak terlalu lama akan tersedia penerbangan Pasir Pengaraian – Kuala Namu Sumatera Utara.

Baca Juga :   Dalam OPLK2023, Lima Pengendera Dapat Teguran Dari Personil Sat Lantas Polres Rohul

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH menjelaskan, Bandara TuanKu Tambusai sudah berusia 42 Tahun, diresmikan Presiden Soeharto pada 1982 lalu.

“Bandara Tuanku Tambusai terus mengalami perkembangan dan melakukan pembenahan terkait pelayanan transportasi dan angkutan massal udara lainnya dan sejauh ini rute penerbangan, Bandara Tuanku Tambusai melayani rute Batam-Pasir dengan frekuensi dua kali dalam seminggu serta Maskapai yang digunakan yakni Susi Air,” katanya.

Selain itu, diterangkannya, Bandara Tuanku Tambusai memiliki Runway berdimensi 1.300 M x 30 M, sehingga bisa didarati Pesawat berjenis ATR72-500/600, sedangkan luas Terminal Bandara ini berkisar 3.630 Meter persegi.

“Kunker Budi Karya beserta rombongan di mulai dari Mandailing Natal Tapsel, dilanjutkan ke Bandara TuanKu Tambusai Rohul dengan menumpang Pesawat jenis Fokker King Air, usai meninjau Bandara Tuanku Tambusai, Menhub beserta Rombongan bertolak menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II menggunakan Pesawat yang sama,” terangnya.

Baca Juga :   Lima Tersangka Kasus Pencurian Dengan Kerugian 1, 2 Miliar Diringkus Tim Unit Reskrim Polsek Ujungbatu

Sedangkan, guna melakukan pengamanan terhadap kegiatan tersebut, Kapolres Rohul menugaskan 87 Personil Gabungan Polres Rohul dan Polsek Jajaran (Rambah dan Rambah Samo), sesuai surat perintah Kapolres Rokan Hulu Nomor: Sprin/539/V/2024 tanggal 03 Mei 2024.

Terpantau kegiatan berakhir pukul 15.00 Wib, selama giat kunker Menhub itu berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan kondusif.

Turut hadir atas kedatangan Menhub RI, yakni para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Rohul, Kabag SDM Polres Rohul Kompol Sordaman Sinaga SH, Kasat Res Narkoba AKP Repelita Ginting SH, Kasat Intelkam AKP Bunyamin SH.

Kemudian, Kapolsek Rambah Iptu Hendra Sitorus SH MH, Kapolsek Rambah Samo Iptu Totok Nurdianto, SH MH,. KBO Sat Res Narkoba Ipda Rully Chairullah, SE, Kanit I Sat Reskrim Ipda Ivan Bayuaji Maulana, S Tr K, KBO Sat Samapta Ipda Y Chandra serta Camat se Rohul.

 

(ADV)

Komentar