Upaya Deteksi Dini dan Wujud Sinergitas, Lapas Pekanbaru Terima Patroli Sambang Polsek Bukit Raya

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru, – Salah satu wujud sinergitas antara Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru dengan Polisi Republik Indonesia (Polri) sebagai Aparat Penegak Hukum (APH) terkait, Lapas Pekanbaru terima kunjungan dan patroli sambang dari Unit Sabhara Polsek Bukit Raya, Selasa (07/05). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peningkatan keamanan di lingkungan Lapas dan Rutan sehingga dibutuhkan upaya preventif sebagai bagian dari manajemen untuk meminimalisir resiko dalam sebuah organisasi.

Baca Juga :   MKPT Perdana se Pekanbaru, Dana SHU UEK SP Suma Mandiri Meningkat

Kegiatan patroli sambang merupakan tindak lanjut dari komunikasi jajaran Lapas Kelas IIA Pekanbaru kepada Polda Riau sebelumnya. Dimana langkah ini sebagai bentuk penerapan dari salah satu point yang terdapat di 3 kunci Pemasyarakatan Maju yakni membangun sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum lain. Dinamika di lapangan yang fluktuatif rasanya sulit untuk menjalankan tugas tanpa sinergitas dengan pihak lain. Dengan sinergitas dan koordinasi tersebut maka diharapkan dapat melakukan langkah-langkah deteksi dini sehingga segala kendala di lapangan dapat teratasi.

Baca Juga :   Rutin lakukan Pengecekan, Subsatgas TIK OMB LK Polda Riau bertanggung jawab atas kelancaran system Komunikasi dan Pastikan HT Siap Pakai

Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Sapto Winarno, saat dimintai keterangan menjelaskan adanya patroli sambang ini sangat membantu dan mendukung keamanan di Lapas, ”Kami dari jajaran Lapas Kelas IIA Pekanbaru tentunya sangat senang dan merasa terbantu sekali dengan adanya kegiatan patroli sambang dari rekan-rekan Polri yang melakukan pemantauan keadaan di sekitar Lapas, kami juga bisa bertukar ilmu tentang langkah-langkah apa yang harus kami lakukan dalam mencegah potensi gangguan kamtib,” ungkap Kalapas.

Baca Juga :   Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jeki Rahmat Mustika, Langsung Mengunjungi Warga Terdampak Banjir dan Memberikan Sembako

“Komunikasi, koordinasi dan kolaborasi terus dijalin antara Lapas Kelas IIA Pekanbaru dengan APH terkait khususnya Polri dalam hal pengamanan, pengawalan, maupun hal-hal lainnya, semoga sinergi ini terus terbangun dengan baik dan berkesinambungan,” tutup Kalapas.

Komentar