UPTD Puskesmas Srikaton Gelar Pelaksanaan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan Wilayah Kerja Air Salek,

Allnewsterkini. Com | Banyuasin Air Salek – UPTD Puskesmas Srikaton, Desa Srikaton, Kecamatan Air Salek, kabupaten Banyuasin, Giat pelaksanaan pemberian obat pencegahan massal (POPM) kecacingan wilayah kerja kecamatan Air Salek, Jum at,(10/05/24)

Kecacingan dapat merusak gizi anak yang terinfeksi sehingga menyebabkan anemia bahkan kematian. Anak yang cacingan akan mengakibatkan pertumbuhan fisik terganggu bahkan stunting, merusak perkembangan kognitif (kemampuan belajar) anak.

Dalam rangka menurunkan prevalensi cacingan di Indonesia khususnya di wilayah kerja UPTD Puskesmas Srikaton, melalui prorgram p2p kecacingan uptd puskesmas Srikaton, melaksanakan pemberian obat pencegahan masal (POPM) kecacingan yang dilakukan Puskesmas Srikaton keliling tiap rumah, POPM kecacingan adalah pemberian obat yang dilakukan untuk mematikan cacing secara serentak kepada semua penduduk sasaran di wilayah kerja UPTD puskesmas Srikaton, berisiko kecacingan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan kecacingan.

Baca Juga :   Aspidmil Kejati Riau melakukan Koordinasi Non Teknis ke Polres Lingga, Puslatpurmar, Lanal & Koramil Dabo Singkep wilkum Kab. Lingga Kepulauan Riau

Pencanangan POPM kecacingan di wilayah kerja puskesmas Srikaton, dilaksanakan di rumah warga mulai dari kelas 1 sampai 6 ,TK dan Paud ,serta posyandu untuk anak umur 1-5 tahun.

Sasaran POPM cacingan adalah anak usia 1 – 12 tahun, dengan ketentuan usia 1 – 2 tahun: Albendazole 200 mg dosis tunggal, sedangkan anak usia >2 tahun: Albendazole 400 mg dosis tunggal.

Baca Juga :   Jaksa Agung ST Burhanuddin: Penugasan Jaksa ke Instansi Lain Menunjukan Bahwa Setiap Lini Pembangunan Bangsa Membutuhkan Sosok dan Andil dari Para Jaksa

Albendazole tidak hanya membunuh cacing dewasa namun juga menghancurkan telur dan larva cacing. Jenis cacing perut antara lain: cacing gelang (Ascaris lumbricoides), cacing cambuk (Trichuris trichiura), dan cacing tambang (Necator americanus dan Ancylostoma duodenale).

Saritno SKM, .kordinasi imunisasi / penanggung jawab, mengatakan, untuk pelaksanaannya itu bisa serentak pas pelayanan kita melaksanakan posyandu di setiap desa. Kalau untuk anak TK itu diberikan langsung oleh bidan setempat, petugas desanya masing-masing,

Masih kata Saritno SKM, pesanya , mudah-mudahan dengan adanya program-program dari pemerintah salah satunya pelaksanaan Posyandu, pemberian obat cacingan, stunting.

Baca Juga :   JAM-Intelijen Menghadiri Konferensi Tahunan dan Pertemuan Umum ke-28 International Association of Prosecutors (IAP) di London

Itu bisa meningkatkan kapasitas daya tangkap untuk anak dan kesehatan untuk anak, serta menambahkan kekebalan tubuh untuk anak, dengan adanya pembasmian-pembasmian dengan obat kecacingan, dengan melaksanakan imunisasi sesuai dengan vaksin-vaksin yang telah ditetapkan oleh badan WH PHO ataupun Kemenkes itu mudah-mudahan masyarakat untuk khususnya Desa Air Salek, Kecamatan Air Salek, ini diberikan kesehatan itu salah satunya memang kesehatan itu Namanya hak anak.

Hak anak untuk sehat dan untuk belajar. Dengan adanya kesehatan mudah-mudahan anak juga giat untuk belajar. Tutup nya

Wartawan: Mulyadi

Komentar