Walikota Dumai H. Paisal, SKM, Mars Bertindak Sebagai Pemimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di Mapolres Dumai

Allnewsterkini. Com | DUMAI – Walikota Dumai H. Paisal, SKM, Mars bertindak sebagai pemimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di Halaman Mapolres Dumai Jalan Jendral Sudirman No. 01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur, Rabu (21/06/2023).

H. Paisal, SKM, Mars menyampaikan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si untuk mempercepat revitalisasi Satkamling.

“Semoga kegiatan ini dapat mengangkat semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” jelas Walikota Dumai H. Paisal, SKM, Mars.

Baca Juga :   169 Kg Shabu dan 11,712 Butir Ekstasi di Musnahkan Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau dan Polres Dumai, Berhasil Menggulung 9 Tersangka

Salah satu bentuk pam swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah satuan keamanan lingkungan atau Satkamling. Kehadirannya merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT dan RW pada Kelurahan atau Desa.

“Oleh sebab itu kehadirannya diharapkan menjadi early warning atau peringatan dini terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif,” ungkapnya.

Ditambahkan dia, awak Satkamling adalah masyarakat setempat dimana mereka berdomisili, sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama.

Baca Juga :   Jaga Ketertiban Umum Kota Dumai Bebas Dari Asusila, Satpol PP Dumai Gelar dan Gandeng Kejari Sosialisasi

“Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, terimakasih dan apresiasi kepada seluruh awak Satkamling serta stakeholder terkait. Saya berpesan kepada rekan-rekan awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma dan etika pada setiap pelaksanaan tugas, tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisil yang diberikan rekan-rekan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga, karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri ditengah masyarakat,” tutup Walikota Dumai H. Paisal, SKM, Mars.

Baca Juga :   Tinjau Lokasi Kebakaran di Gg Karya 1 Wako Serahkan Sejumlah Bantuan Untuk Korban Berdampak

Pada pelaksanaannya turut dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan pemenang lomba Satkamling tingkat Polres Dumai Tahun 2023 sebagai berikut.

– JUARA I : Satkamling Mulia Akbar RT. 012 Kelurahan Bukit Datuk
– JUARA II : Satkamling RT. 004 Kelurahan Ratu Sima
– JUARA III : Sat Kamling RT. 011 Kelurahan Jaya Mukti

Pantauan dilapangan, Polres Dumai merupakan Juara I Lomba Satkamling Tingkat Polda Riau Tahun 2023. Selanjutnya Polres Dumai akan mewakili Jajaran Polda Riau untuk mengikuti seleksi tingkat Mabes Polri.

Komentar