AKBP Budi Setiyono SIK MH Jadi Inspektur Upacara Hari Bhayangkara ke 77, Wabup Dan Kapolres Rohul Serahkan Puluhan Perhargaan

 

 

 

 

Allnewsterkini. Com | ROKAN HULU- Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Budi Setiyono SIK MH menjadi Inspektur Upacara Hari Bhayangkara ke 77 Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Rohul, Sabtu (1/6/2023) sekitar pukul 08.00 Wib.

Hadir dalam Upacara tersebut, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono, SIK MH, Bupati H Sukiman diwakili Wakil Bupati (Wabup) H Indra Gunawan, Dandim 0313/KPR diwakili Danramil 08/TDN Kapten Inf Mawardi, Waka Polres Kompol Erol Ronny Risambessy SIK MM, Ketua, Pengurus Serta Anggota Bhayangkari Cabang Rohul, Sekda Rohul Muhammad Zaki, S STP M Si, Kalapas II B Pasir Pengaraian diwakili KA KPLP Marcos Sihombing, SAP MH, Kadishub Rohul Minarli Ismail, Kemenag Rohul Zulkifli Syarif, S Ag, M PdI, Kepala Pelaksana BPBD, Ijen,

Kemudian, Ketua KPU Rohul Elfendri, Kabid Ops Satpol PP Rohul Rio Pratama , Kepala Perpustakaan dan Arsip Rohul H Damri Poti SSos, LAM R Kabupaten Rohul, Tasmid, para Kabag, Purnawirawan Polri, Kasat, Kasi, Kasubbag Polsek Jajaran, Perwira dan Personil Polres Rohul.

Rangkaian upacara, Komandan Upacara memasuki Lapangan Upacara langsung mengambil alih Pimpinan Pasukan, Inspektur Upacara memasuki Lapangan Upacara, pasukan disiapkan, Penghormatan Pasukan kepada Inspektur Upacara, Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan Pemeriksaan Pasukan, Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, Pengucap Tribrata mengambil tempat dan Laporan, Pengucap Tribata laporan dan kembali ketempat, Pemberian Piagam Penghargaan Kapolres Rokan Hulu kepada yang berprestasi dalam memperingati Hari Bhayangkara ke 77 tahun 2023, perwakilan mengambil tempat dan laporan, Pembacaan Keputusan Kapolres Rohul, Inspektur Upacara berkenan memberikan Piagam Penghargaan kepada personil yang berprestasi, Penerima Penghargaan Laporan dan kembali ke tempat.

Amanat Inspektur Upacara, Andhika Bhayangkari, Pembacaan Doa, Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, Penghormatan Pasukan kepada Inspektur Upacara, Inspektur Upacara berkenan meninggalkan Lapangan Upacara, Upacara selesai, Pasukan di istirahatkan, dilanjutkan dengan acara syukuran dan penyerahan Piala kepada pemenang perlombaan dalam rangka Hari Bhayangkara ke 77 Tahun 2023 dan menyaksikan Tari kearifan Lokal

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH, Perwira Upacara AKP Didi Antoni SH MH, Komandan Upacara IPTU Nanang Pujiono, SH,Pembawa Acara Brigadir Lisnawati SH, Pengucap Tribrata Bripda Ade Harmandani Jolson, Pembaca Keputusan Kapolres Rohul Briptu Umi Kalsum, Pembawa Baki Bripda Raudhatul Jannah, Pembaca Doa Aipda Chandra Purnomo

Baca Juga :   Konsisten Wujudkan Harkamtibmas Jelang Pemilu 2024, Kapolres Rohul Sholat Shubuh Keliling Berjamaah Dan Jum'at Curhat

Satuan yang terlibat Upacara, Pleton I TNI, Pleton II Sat Samapta, Pleton III Sat Lantas, Pleton IV Polwan, Pleton V Gabungan Staf, Pleton VI Gabungan Polsek Jajaran, Pleton VII Gabungan Sat Reskrim / Sat Intelkam, Pleton VIII Dishub Rohul, Pleton IX Satpol PP Rohul, Pleton X Damkar Rohul, Pleton XI BPBD Rohul, Pleton XII Satuan Pengamanan (Satpam), Pleton XIII Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri, Pleton XIV Praja Muda Karana (Pramuka)

Amanat Kapolda Riau Irjenpol Muhammad Iqbal SIK MH dibacakan Inspektur Upacara Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH
mengucapkan syukur rapat hadir dan mengikuti Upacara dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun dalam suasana kebersamaan serta penuh khidmat.

“Melalui kesempatan ini, selaku Pimpinan Polda Riau, Saya mengucapkan selamat memperingati Hari Bhayangkara Ke – 77 Tahun 2023, kepada seluruh Anggota dan Keluarga Besar Polri, Dimanapun berada dan bertugas, terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya, juga saya sampaikan atas pengabdiannya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, meskipun dihadapkan lada berbagai keterbatasan, tetap menunjukkan dedikasi, loyalitas dan integritas yang tinggi, sehingga dapat mewujudkan situasi Kamtibmas yang tetap kondusif, dalam rangka mendukung pembangunan Nasional.

“Berbagai pengalaman sejarah selama perjalanan Waktu 77 Tahun ini, telah mematangkan karakter pengabdian untuk menjadikan Polri lebih cerdas dan tegar, dalam mengemban tugas memelihara keamanan Dalam Negeri,” katanya.

“Kita patut bersyukur, beberapa prestasi dan pencapaian Kinerja Polri, Dewasa ini telah mendapat apresiasi dari Pemerintah dan Masyarakat. Beberapa Kasus menonjol dan meresahkan telah berhasil Kita ungkap seperti, Narkoba, Illegal Logging, Illegal Mining, Illegal Fishing, Perdagangan Dan penyelundupan Manusia serta Premanisme,” pungkasnya.

“Sungguhpun demikian, harus Kita sadari bahwa, di Samping keberhasilan dan pencapaian tersebut, masih terdapat beberapa kelemahan dan kekurangan yang perlu segera Kita perbaiki, terutama ralam upaya membangun kepercayaan publik,” paparnya

Lanjutnya, berdasarkan Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan bahwa saat ini tingkat kepercayaan Publik terhadap Institusi Polri mengalami peningkatan sebesar 73,2 %, pada Bulan Mei Tahun 2023, Dimana sebelumnya Sempat menyentuh Angka 62,6% di Bulan September Tahun 2022.

Selain itu, katanya, pada aspek pembinaan masih ditemukan adanya Oknum Anggota Polri yang melakukan pelanggaran disiplin, Kode Etik maupun Tindak Pidana, sehingga menciderai nama baik dan menurunkan citra Institusi.

Baca Juga :   Ciptakan Suasana Aman Dan Sejuk Jelang Pemilu, Polres Rohul Dan Polsek Jajaran, Giat Coolling Sistem Lewat Program Jum'at Curhat Serta Sholat Shubuh Berjama'ah

“Perlu Kita pahami bersama bahwa, kesuksesan dan capaian Polri Dalam melaksanakan tugas tidak terlepas dari bantuan Elemen Masyarakat serta Instansi terkait, oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh Elemen Masyarakat beserta Instansi terkait yang telah berpartisipasi mendukung pelaksanaan tugas Polri,” imbuhnya.

“Harapan Saya, kiranya semua prestasi ran keberhasilan yang 5elah diraih selama ini, dapat terus ditingkatkan di Masa yang akan datang, sehingga Polri dapat bertransformasi menjadi Institusi yang semakin dipercaya dan dicintai Masyarakat melalui Postur Polri yang Prediktif, Responsibilitas Dan Transparansi Berkeadilan,” terangnya

“Terkait rengan persiapan Kita dalam menghadapi agenda Nasional Pemilu serentak Tahun 2024, Dimana Tahun ini Kita telah memasuki Beberapa tahapan dalam pelaksanaan Pemilu Tahun 2024,” urainya

Diterangkannya, sehubungan dengan hal tersebut, maka perkembangan ran dinamika Politik, diprediksi akan semakin meningkat dan sarat dengan kepentingan, sehingga berpotensi menimbulkan benturan dan konflik dalam bentuk perselisihan, aksi kekerasan Komunal maupun Kontak Fisik Antar Kelompok Massa yang berseberangan dan dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu.

Menyikapi permasalahan tersebut, sambungnya, seluruh Anggota Polri khususnya Polda Riau, selain tetap berpegang teguh dan berpedoman pada prinsip netralitas dan tidak memihak dalam penyelenggaraan Pemilu, juga harus .ampu menentukan langkah – langkah yang proaktif, sehingga potensi konflik yang ada dapat dikelola dan diantisipasi Sedini mungkin agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, hal ini sejalan rengan Tema Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023 Ini, Yaitu “Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju”.

“Tema ini merupakan representasi dari tekad dan semangat Kita, untuk senantiasa bersama-sama dengan seluruh stakeholder, melakukan perbaikan, pembenahan serta berkomitmen menjadi lebih baik lagi, dalam memberikan pengabdian kepada Masyarakat,” terangnya.

“Saya yakin dan percaya komitmen yang Kita jalankan akan semakin menguat dalam setiap Diri Insan Bhayangkara. Peran, sikap dan perilaku setiap Anggota Polri Sekecil Apapun akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi terwujudnya Polri yang Presisi. Kualitas Organisasi yang demikian ini, akan menjadikan Polri sebagai Institusi yang kuat dan solid, ralam mengemban amanah sebagai pemelihara Kamtibmas, Penegak Hukum, Pelindung, Pengayom ran Pelayan Masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, Saya ingin menyampaikan beberapa pesan dan Instruksi kepada seluruh Personel Polda Riau Dan Jajaran, sebagai berikut :

Baca Juga :   Patroli Blue Lihgt Berskala Besar Polres Rohul, Pastikan Kamtibmas Aman Dan Kondusif

1. Tingkatkan kualitas keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dan Etika dalam pelaksanaan Tugas.
2. Tanamkan 5erus Kesadaran Diri, bahwa Profesi Kepolisian yang Saudara Pilih, merupakan wujud pengabdian yang Mulia kepada Masyarakat, Bangsa Dan Negara. Oleh Karena Itu, tingkatkan kecintaan dan Kebanggaan sebagai Anggota Polri dengan memberikan pengabdian serta karya yang terbaik.
3. Inventarisir permasalahan di Lapangan dalam penanganan konflik sosial ran tingkatkan kemampuan deteksi Dini, terhadap berbagai kemungkinan terjadinya Tindak kekerasan dan kriminalitas serta upayakan pencegahannya secara maksimal. Jika langkah pencegahan tidak berhasil, maka lakukan tindakan hukum yang tegas, guna menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan ri masyarakat.
4.Tingkatkan kesiapsiagaan operasional untuk mengantisipasi eskalasi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat, agar kehadiran Aparat Kepolisian tidak terkesan mendadak, ralam menangani konflik komunal maupun tindakan anarkis lainnya.
5.Tingkatkan kerjasama, koordinasi dan komunikasi yang efektif antar Penegak Hukum, pengemban fungsi Kepolisian dan segenap Pemangku Kepentingan sebagai Implementasi dari pendekatan sinergi Polisional, guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif, dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024
6. Kepada segenap Unsur Pimpinan Polri di semua Level, Saya Instruksikan untuk lebih memberikan keteladanan dan mempererat soliditas, baik internal Polri maupun rengan TNI, guna memastikan pelaksanaan Tugas yang lebih 3fektif dan berkualitas.

“Sebelum mengakhiri Amanat Ini, Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada segenap Masyarakat yang telah mendukung ran mengambil bagian dalam Upaya untuk mewujudkan Polri yang lebih baik,” bebernya.

Ditambahkannya, Polri bukanlah hanya milik Polri semata. “Namun Polri adalah milik Kita semua, baik Pemerintah maupun Masyarakat. Karena itu, dukungan dan Doa dari semua pihak sangat kami butuhkan guna mewujudkan harapan Pemerintah dan Masyarakat,” ujarnya.

“Demikian Amanat Saya, semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan kekuatan, petunjuk, bimbingan dan perlindungan-nya kepada Kita sekalian dalam melanjutkan dan meningkatkan pengabdian kepada Masyarakat, Bangsa Dan Negara,” tutupnya.

Terpantau, Upacara selesai, kemudian dilanjutkan dengan penampilan Tarian Kearifan Lokal Muyosa ciri khas dari Kabupaten Rohul.

Upacara Hari Bhayangkara ke 77 Tahun 2023 selesai pada pukul 09.15 Wib, dilanjutkan dengan Kegiatan Syukuran di Kantor Bupati Rohul, selama kegiatan Upacara berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan kondusif.

 

Komentar