Danrem 031/Wira Bima Hadiri Puncak Event Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi

Allnewsterkini. Com | Rohil – Tingkat Wisata pada iven Nasional perayaan Festival Bakar Tongkang (RBT) tahun 2023 ini terjadi peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana tahun ini tercatat jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun manca Negara puluhan ribu pengunjung. Festival ini merupakan salah satu wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Bersama Gubernur Riau, Danrem 031/WB, Brigjen TNI Dani Rakca, S.A.P., M.Han turut hadir untuk menyaksikan puncak event ritual bakar tongkang di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Selasa (4/7/2023).

Dalam sambutannya, Danrem 031/WB Brigjen TNI Dani Rakca Andalasawan SAP, M. Han menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sugianto yang telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya yang telah melancarkan acara Budaya dan Kearifan lokal event Nasional Festival Ritual Bakar Tongkang.

“Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Rohil yang telah berhasil berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait suksesnya acara ini,” katanya.

Danrem menerangkan, bangsa yang besar menuju bangsa yang perduli terhadap budaya dan kearifan lokal.

“Kami TNI-Polri selaku Aparat keberkomitmen selalu bersama-sama untuk menjaga kearifan lokal yg dapat berpotensi meningkatkan ekonomi kreatif bagi masyarakat. Semoga niat baik kita semua ini diridhoi oleh Tuhan dan menjadikan Negara kita menjadi Negara Indonesia maju, Indonesia Emas dan Indonesia Mandiri,” sebutnya.

Baca Juga :   Sambangi Warga Difabel, Bhabinkamtibmas Polsek Pujud Sosialisasi Siap Bantu Pemilu

Bupati Rohil, Afrizal Sintong mengatakan kalau Festival Bakar Tongkang ini telah masuk di kelender nasional sebagai salah satu wisata yang terdapat di provinsi Riau. Iven budaya warisan leluhur masyarakat Tionghoa ini mampu mendatangkan puluhan ribu wisatawan setiap tahunnya ke Negeri yang berjuluk seribu kubah itu.

Wisata Bakar Tongkang atau dikenal dengan perayaan ulang tahun dewi Ki Hu Ong Ya ini tujuannya adalah untuk menentukan arah rezeki bagi masyarakat Tionghoa. Disisi lain, Pembakaran tongkang ini juga bertujuan supaya kapal yang dibuat semegah itu agar tidak bisa membawanya pulang ke kampung asalnya.

“Iven Festival Bakar Tongkang ini sudah mendunia, dan ini merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh pemkab Rohil. Ritual ini setiap tahunnya membuat kota bagansiapiapi dipenuhi lautan manusia, “kata Afrizal.

Pelaksanaan Festival Bakar Tongkang ini setiap tahunnya kata Afrizal Sintong terlaksana berkat kekompakan etnis Tionghoa dan pemkab Rohil serta campur tangan dari pengusaha sukses, Sugianto alias Raja Baut. “Semuanya ini tentunya telah kita persiapkan sejak lama, sehingga bisa berjalan sukses acara seperti apa yang kita lihat sekarang, “katanya.

Baca Juga :   Agar Lakin Lancar Satlantas Polres Rohil 400 Brosur dan 100 Stiker Keselamatan

Bupati menjelaskan tentang acara Bakar Tongkang yang telah berhasil menarik minat wisatawan domestik maupun manca negara.

Prestasi yang di raih oleh acara tersebut tak lepas dari kerja sama yang erat antara seluruh unsur Forkopimda dan elemen masyarakat. Acara tersebut berjalan dengan lancar dan sukses berkat sinergi yang baik di antara mereka.

Bupati juga mengatakan bahwa kehadiran warga Tiong Hoa dalam acara ini telah memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, terutama dalam sektor perhotelan yang kini penuh sesak. “Ini sungguh luar biasa!,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar, menyampaikan bahwa acara Bakar Tongkang sempat tertunda karena pandemi yang melanda. Namun, kini, acara ini telah kembali menggelora dan memukau banyak orang. Gubernur juga menekankan bahwa acara Bakar Tongkang telah menjadi bagian dari agenda Wisata Nasional. Dalam kesempatan ini, Gubernur meminta Bupati untuk mendorong kembali pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat.

Baca Juga :   Cooling System Bhabinkamtibmas Polsek Tanah Putih, Sambagi Warga Terminal Ujung Tanjung

“Saat ini, ekonomi kreatif telah menjadi gerakan nasional, dan dengan adanya acara Bakar Tongkang, kita berharap dapat melahirkan pelaku-pelaku ekonomi baru,” ujarnya penuh harapan.

Gubernur berharap bahwa acara ritual Bakar Tongkang pada tahun-tahun mendatang akan semakin menggairahkan dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Ia pun melihat dengan penuh kagum bahwa Kelenteng Ing Hok King telah menjadi cagar budaya nasional yang mempesona.

Tepat Pukul 17.00 Wib, Gubernur Riau, Danrem 031 Wirabima, Bupati Rohil Afrizal didampingi Wakil Bupati Rohil H. Sulaiman, Kadispora Riau,Sejumlah anggota DPRD Rohil, Sugianto alias raja Baut, dan pejabat penting lainnya menaiki replika kapal tongkang dengan menyapa puluhan Ribu wisatawan yang ada di lokasi pembakaran replika kapal tongkang.

Lebih kurang 30 Menit replika tongkang itupun habis terbakar. Dimana detik -detik yang ditunggu oleh masyarakat Tionghoa pun tiba, kedua Tiang tongkang jatuh kearah laut yang menandakan kalau rezeki tahun 2023 ini lebih banyak kelaut.

Komentar