Hadiri MKPT UEK SP Makmur Sejahtera, Chairani Minta UEK SP Berinovasi Upaya Pengembalian Tunggakan Pemanfaat

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Chairani, meminta pengelola UEK-SP untuk berinovasi agar masyarakat untuk mengembalikan pinjaman mereka.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Musyawarah Kelurahan Pertanggungjawaban Tahunan (MKPT) UEK-SP Makmur Sejahtera, Kamis, (18/1) di Aula Kantor Lurah Kedung Sari Sukajadi, Pekanbaru.

Chairani juga tidak mengelak tunggakan menjadi masalah yang utama di Usaha Ekonomi Kelurahan-Simpan Pinjam (UEK-SP) ini.

Kita sudah melaksanakan MKPT ini setiap tahunnya. Memang tunggakan pinjaman nasabah ini adalah hal yang krusial sekali. Banyak nasabah yang mengajukan pinjaman namun banyak yang tidak membayar. Alasannya cukup banyak seperti alasan ekonomi, tidak bekerja lagi, dan ada yang meninggal,” jelas Chairani.

Baca Juga :   Pernikahan Adalah Satu Hal yang Sakral dan Suci, Ucap Ketua Dharma Wanita Dalam Sidang PRA Nikah Petugas Lapas Pekanbaru 

“Kita berharap kepada masyarakat, melalui pengelola UEK-SP untuk sama-sama kita bisa memberikan solusi bagaimana nasabah rajin membayar pinjamannya. Dana UEK-SP ini kan dana pemerintah yang harus dikembalikan dan digulirkan kembali ke masyarakat. Jadi saya berharap kepada camat, lurah, RT/RW dan tokoh masyarakat menghimbau nasabah untuk melunasi pinjamannya,” tutup Chairani mengakhiri wawancara.

Baca Juga :   Polresta Pekanbaru Gelar Kegiatan Jumat Curhat di Masjid Al-Ihsan

Sementara itu, Camat Sukajadi Desheriyanto mengimbau pemanfaat atau nasabah UEK-SP Makmur Sejahtera Kelurahan Kedung Sari, untuk segera membayar tunggakan pinjamannya.

“Gambaran secara umum nasabah itu ada yang berkembang dan juga ada yang statis UEK-SP nya. Untuk Sukajadi lebih banyak tunggakannya, oleh karena itu, kita menghimbau nasabah UEK-SP untuk membayar tunggakan pinjamannya,” jelas Desheriyanto usai pelaksanaan MKPT Kamis sore.

Baca Juga :   Danlanud Roesmin Nurjadin Hadiri Acara Pemusnahan Barang Bukti Operasi Cipta Kondisi dan Menerima Penghargaan dari Kapolda Riau

Desheriyanto juga berkomitmen akan membantu menyelesaikan masalah tunggakan nasabah UEK-SP di Kecamatan Sukajadi.

“Kita di kecamatan juga turut membantu, kami juga secara internal sudah mengeluarkan himbauan ke nasabah untuk membayar tunggakannya. Mungkin belum maksimal dan rencananya akan kita rapatkan lagi secara komprehensif setelah pemilu nanti,” tutur Desheriyanto

Dari pelaksanaan MKPT UEK-SP Makmur Sejahtera, Kelurahan Kedung Sari tercatat laba atau Sisa Hasil Usaha (SHU) UEK-SP senilai Rp. 32.158.900,_. Sementara untuk tunggakan tercatat sebesar Rp. 185.638.222.

Komentar