Jaksa Agung, Hari Lahir Pancasila Jangan Cuma Sekedar Seremoni

Allnewsterkini.com | Jakarta – Hari Lahir Pancasila tidak boleh hanya dimaknai sebagai kegiatan seremonial semata.

Lebih dari itu, Hari Pancasila merupakan bentuk penghargaan kepada para pendiri bangsa yang telah menggali nilai-nilai universal dari berbagai bangsa di dunia seperti nilai Ketuhanan, nilai Kemanusiaan, persatuan dan nilai demokrasi serta nilai keadilan sosial yang kemudian diracik menjadi  Pancasila.

Baca Juga :   Jusuf Rizal, IRW LSM LIRA Luncurkan Polisi Royalti Awasi Dan Proses Hukum Pelanggar UU Hak Cipta

Yang terpenting bagi kita sebagai anak bangsa adalah bagaimana mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk didalam penegakan hukum,” demikian tegas Jaksa Agung ST. Burhanuddin di Jakarta dalam menyikapi  peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6).

Untuk mengamalkan Hari Pancasila, Burhanudin menginginkan konsep hingga praktek penegakan humanis harus dilaksanakan oleh Kejaksaan Republik Indonesia sebagai Lembaga Pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan harus menjunjung tinggi nilai kemanusiaan disamping nilai keadilan itu sendiri.

Baca Juga :   Wakapolda Riau Hadiri Acara Puncak Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Tahun 2023

Ya, Sebagai sendi dasar dalam aktualisasinya di lapangan, Penegakan hukum itu harus memiliki Roh Pancasila di dalamnya, tutup Jaksa Agung Burhanudin.

Komentar