Danlanud Roesmin Nurjadin Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Allnewsterkini.com | Pekanbaru – Komandan Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Marsma TNI Mohammad Nurdin Menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Riau, bertempat di Gedung Melati, Kantor Gubernur Riau, Kamis (1/6/2023).

Upacara yang dipimpin Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si., sedianya akan dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Riau namun dialihkan karena hujan mengguyur kota Pekanbaru sejak dinihari, akan tetapi hal ini tidak mengurangi semangat kehadiran para peserta upacara dan undangan yang terdiri dari Forkopimda Provinsi Riau, Seluruh Kepala OPD dan Undangan lainnya.

Membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Gubri mengatakan, bahwa menjelang kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, tepatnya pada tanggal 29 Mei s.d. 1 Juni 1945, para pendiri bangsa dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyepakati bahwa Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia. Dalam menyusun ideologi negara bangsa yang majemuk, Pancasila digali dari nilai luhur budaya bangsa di nusantara dan memiliki makna yang dinamis dan universal. Sebagai sebuah ideologi, Pancasila juga merupakan sebuah prinsip dalam menyelenggarakan pemerintahan Indonesia di segala zaman, demikian sambutan Kepala BPIP RI.

Baca Juga :   Direktur PUPR dan Gubri Syamsuar Bahas Pembangunan Jembatan Bengkalis - Meranti

Dilanjutkannya, Pancasila, hingga saat ini tetap relevan di tengah dinamika. Prinsip-prinsip Pancasila perlu kita jaga dalam seluruh aktivitas negara. Di tengah padatnya kegiatan dalam melaksanakan tugas, mari kita sejenak berefleksi dan memahami filosofi yang menjadi nyawa negara Indonesia.

Ditambahkan Gubri saat ini Kemendikbudristek telah melahirkan 24 Episode Merdeka Belajar dan transformasi lainnya. Seluruh upaya tersebut selaras dengan visi Indonesia Maju dan amanat Presiden Republik Indonesia yang mendapatkan mandat dari rakyat melalui proses demokrasi. Banyak terobosan dan capaian yang telah diraih, namun disadari bahwa perjalanan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa masih panjang. Masih banyak ruang-ruang perbaikan yang dibutuhkan untuk memberikan layanan pendidikan dan kebudayaan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga :   Ada "BTH" , Demi Keselamatan Pengendara Sepeda Motor

“Kita adalah penyelenggara negara yang merupakan lini terdepan dalam menjaga nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam urusan pemerintahan di bidang pendidikan dan kebudayaan. Mari kita ber-Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” tutup Gubri mengakhiri sambutannya.

Hadir dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Provinsi Riau Wakil Gubernur Riau H. Edi Natar Nasution, S.I.P., Wakil Ketua lll DPRD Provinsi Riau,Brigjen Pol. Kasihan Rahmadi SH.,MH., Kasiren 031/WB, Danlanal Dumai, Hakim Adhoc Tipikor Pengadilan Tinggi Riau, Kepala BKKBN Riau, Kadiskominfo Provinsi Riau, Para Kepala OPD dilingkungan Pemko Pekanbaru, serta sekitar 100 orang tamu undangan.

Baca Juga :   Cegah Gangguan Kamtib Jelang Nataru, Dir. Pengamanan dan Intelijen Ditjen Pemasyarakatan Berikan Penguatan di Lapas Pekanbaru Kanwil Kemenkumham Riau

Komentar