Kapolresta Pekanbaru Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbiran Idul Adha 1444 Hijiriah

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru – Polresta Pekanbaru beserta jajaran menggelar Apel pasukan gabungan dalam rangka Pengamanan malam takbiran Hari Raya Idul Adha 1444 H di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Rabu (28/06/2023) petang, sekitar pukul 17.00 Wib.

Apel tersebut dipimpin langsung Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri RP Siagian dan dihadiri Pejabat Utama Polresta Pekanbaru, Dandim 0301 Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, serta diikuti oleh unsur TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Pekanbaru.

Apel diawali dengan Tactical Floor Game (TFG) yang diikuti pejabat utama serta pimpinan satuan diantaranya, Kasat Lantas, Kompol Birgitta, Kasat Narkoba, Kompol Manapar Situmeang, Kasat Reskrim, Kompol Andrie Setiawan serta Kapolsek Jajaran Polresta Pekanbaru diantaranya Kapolsek Lima Puluh, Kompol Afrijal, Kapolsek Bukit Raya, AKP Syafnil, Kapolsek Senapelan, Kompol Noak serta lainnya.

Baca Juga :   Kemenkumham Riau Adakan Layanan EAZY Passport dan Sosialisasi Kekayaan Intelektual di PT Indah Kiat

Dalam arahannya, Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri RP Siagian mengatakan, bahwa pengamanan ini merupakan bentuk komitmen Polri, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam merayakan malam takbiran hari raya Idul Adha 1444 Hijiriah.

Dalam pengamanan malam takbiran ini, Polresta Pekanbaru menyiapkan 500 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Dishub dan Satpol PP untuk melakukan patroli secara mubile, guna mengantisipasi gangguan kamtibmas yang akan timbul akibat dari kompoi masyarakat yang melaksanakan pawai takbiran.

“Ada sekitar 500 personil gabungan yang diturunkan dalam pengamanan malam takbiran hari ini,” katanya.

Baca Juga :   Antasius Warga Binaan Lapas Pekanbaru Saat Mengikuti Pelatihan Kemandirian Pengelasan

Kapolresta juga menekankan kepada para personel yang bertugas agar melaksanakan tugas dengan ikhlas, profesional, proporsional, humanis dan penuh rasa tanggung jawab.

“Serta meningkatkan kewaspadaan dan melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan kamtibmas,” kata Kombes Jefri.

Terkait kegiatan takbir keliling, pihaknya juga mengimbau kepada para peserta agar tetap mematuhi tata tertib berlalulintas.

“Hal ini demi menjaga amannya situasi di Kota Pekanbaru pada malam takbiran ini,” kata Kapolresta.

Kapolresta Pekanbaru juga mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan pihaknya akan melakukan pengalihan arus di beberapa titik di Kota Pekanbaru.

“Untuk mengantisipasi masyarakat terjebak kemacetan, Satlantas melakukan pengalihan arus,” kata Kombes Jefri.

Baca Juga :   DPP SPKN Apresiasi Kecekatan Kadis PUPR PPKP Riau Terkait Issu Retaknya Flyover Jalan Sudirman Pekanbaru

Kapolres menjelaskan, bahwa para peserta takbiran akan berkumpul di Jalan Diponegoro sebagai titik awal pawai.

Mereka akan memulai perjalanan ke arah Jalan Gajah Mada, menuju ke arah Jenderal Sudirman.

Dari Jalan Jenderal Sudirman rombongan pawai takbir akan melakukan putaran balik (U-turn) di Masjid Ar-Rahman.

Hingga akhirnya rombongan pawai takbir akan mengakhiri tujuan di Mall Pelayanan Publik.

“Dari pukul 19.00 Wib, persimpangan jalan yang menuju ke Jalan Gajah mada dan Sudirman akan ditutup dan dialihkan saat rombongan pawai takbir melintas,” kata Kombes Jefri.

Untuk itu, Kapolres menghimbau kepada masyarakat untuk mencari jalan alternatif saat acara pawai takbiran berlangsung agar tidak terjebak kemacetan.

Komentar