Lanud Roesmin Nurjadin Gelar Sholat Idul Adha 1444 H/2023 M

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru – Komandan Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Marsma TNI Mohammad Nurdin, para pejabat dan warga Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin serta warga sekitar Lanud Roesmin Nurjadin hari ini Kamis(29/6/2023) melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 H/2023 M, bertempat di Apron Base Ops Lanud Rsn.

Dalam pelaksanaan rangkaian ibadah Idul Adha tahun ini, TNI Angkatan Udara mengusung tema “ Jadikan Idul Adha 1444 H/2023 M Sebagai Sarana Peningkatan Ketaqwaan dan Kepedulian”.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha dimulai tepat pukul 07.00 WIB bertindak selaku Imam Ustadz Serda Hermizan dan Ustadz Ir. H. Muhammadun, M.Si., sebagai khotib.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Band Warga Binaan dari Lapas Pekanbaru, L'Baru Band

Dalam khotbahnya, khotib menyampaikan saat ini jutaan umat muslim melaksanakan rangkaian ibadah haji di tanah suci, bagi mereka yang melaksanakannya dengan ikhlas dan mengikuti tuntunan sunnah Nabi Muhammad SAW maka mereka akan mendapatkan derajat Haji Mabrur.

Ditambahkan khotib bagi mereka yang belum mendapat kesempatan menunaikan rukun Islam ke lima tersebut, ada tiga amalan yang Insha Allah nilainya sama dengan menjalankan Ibadah Haji.

Yang pertama adalah melaksanakan Sholat lima waktu secara berjamaah dan tepat waktu, selanjutnya menatap kedua orang tua dengan penuh rahmat dan kasih sayang, dan yang ketiga adalah peduli dengan orang miskin atau kekurangan.

Baca Juga :   Perusahaan di Riau Wajib Lapor Jika Buka Lowongan Pekerjaan, Ini Dasar Hukumnya

Khotib juga menyampaikan masih adanya rakyat Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan masih ada 81 juta warga rakyat yang belum punya rumah hunian tetap dan beragam persoalan yang lain maka hari ini setelah shalat Ied ini diajari oleh Allah diajari oleh Islam untuk berkurban untuk peduli kepada sesama.

“Allah tidak memerlukan daging kurban, Allah tidak memerlukan darah daging sapi atau kambing yang kita sembelih, Allah tidak memerlukan daging dan darah itu tapi yang diharapkan dan diperlukan oleh Allah adalah ketakwaan kalian maka kurban adalah ujian ketakwaan kita. Apakah kita peduli atau tidak apakah kita mau meneladani Ibrahim Alaihissalam apa tidak,” tegas Ustadz Muhammadun.

Baca Juga :   PJ Walikota Terima Kunjungan Kehormatan Duta Besar Malaysia

Diakhir khotbahnya, khotib mengajak para jamaah untuk meneladani keluarga mulia Nabi Ibrahim A.S., dengan menggunakan sisa umur untuk terus belajar, khususnya belajar agama.

Setelah Sholat Idul Adha, direncanakan Lanud Rsn akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban bertempat di halaman belakang Masjid Amrullah Lanud Rsn.

Komentar