Mewakili Pj Gubri, Kadiskes Riau Buka Forum Konsultasi Publik BPOM Pekanbaru

Allnewsterkini.Com | PEKANBARU – Pj Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Sri Sadono Mulyanto membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Premiere Pekanbaru, Senin (6/5/2024).

Saat memberikan sambutan, Kadiskes Riau menyampaikan permohonan maaf Pj Gubernur Riau yang tak bisa hadir karena pada hari yang sama harus menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta.

Kemudian Sri Sadono Mulyanto menjelaskan bahwa membangun kepercayaan publik atas kepercayaan masyarakat yang dilakukan penyelenggara merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara dalam peningkatan pelayanan publik.

Baca Juga :   Tingkatkan Akreditasi dan SDM, UMRI Jalin Kemitraan Dengan PHR  

“Hal itu sesuai dengan amanat undang – undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Penyelenggara pelayanan publik wajib mengikut sertakan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik,” kata Kadiskes Provinsi Riau.

“Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk membangun sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparan dan akuntabel,” tambahnya.

Terangnya, pengikut sertaan masyarakat dalam penyelenggaraannya dapat dilakukan secara perorangan maupun perwakilan kelompok penggunaan pelayanan atau perwakilan kelompok pemerhati serta badan hukum yang mempunyai kepedulian terhadap pelayanan publik.

Baca Juga :   Asisten Intelijen Kejati Riau mengikuti Kegiatan Media Gathering Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung RI Tahun 2023 secara virtual

“Pengikut sertaan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik bisa disampaikan dalam bentuk masukkan, tanggapan, laporan maupun pengaduan kepada penyelenggara,” terangnya.

Ia menilai kegiatan Forum Konsultasi Publik yang diselenggarakan BPOM Pekanbaru merupakan wujud nyata pelaksanaan Undang-Undang No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Oleh karena itu, Kadiskes Riau mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan yang berharga tersebut dengan memberikan masukan, tanggapan, laporan untuk meningkatkan pelayanan BPOM Pekanbaru kedepan.

“Dengan adanya peningkatan pelayanan publik BPOM Pekanbaru nantinya akan berdampak positif bagi kemajuan Provinsi Riau dan menjadi salah satu penunjang untuk mencapai visi dan misi Riau kedepannya,” pungkasnya.

Baca Juga :   Satgas preventif OMB LK 2023-2024 Polda Riau melaksanakan pengamanan dan monitoring kampanye tatap muka terbatas/dialogis di Pekanbaru

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru Alex Sander mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan yang terbaik untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat yang hadir ke BPOM Pekanbaru sudah menjadi komitmen kami sebagai penyelenggara pelayanan publik,” ujarnya.

“Jadi kegiatan ini bukan hanya untuk menunaikan kewajiban namun juga bagian dari tanggungjawab yang dibebankan kepada kita untuk melayani masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita,” pungkasnya.(Red)

Komentar