Muhammad Firdaus Resmi Dinobatkan Sebagai Datuok Sinaro Persukuan Melayu Kenegerian Teratak Buluh

Allnewsterkini. Com | Teratak Buluh, Siak Hulu : Bertempat di Rumah siompu Sinaro Persukuan Melayu Muhammad Firdaus SE.MM dinobatkan sebagai Datuok Sinaro Kepala Persukuan Melayu Kenegerian Teratak Buluh Kecamatn Siak Hulu, Sabtu 01/07

Diawali dengan prosesi adat yang lakukan oleh empat Persukuan dan perangkat dan Ketua Lembaga Adat Kampar Drs. Yusri, M.Si menyepakati setelah di kaji dan diteliti bahwa Muhammad Firdaus telah patut dan tepat menjabat sebagai Datuok, alhamdulilah akhirnya dengan arif dan bijaksana menetapkan dan menobatkan Kok ketek banamo Muhammad Firdaus SE.MM, kok Godang banamo Datuok Sinaro, kok ketek banamo Muhammad Firdaus SE.MM di Nobatkan oleh Ketua LAK Kampar Drs. H. Yusri, M.Si yang didampingi oleh tiga ninik mamak dan perangkat Persukuan di Teratak Buluh yang di tandai dengan pemasangan Detau atau topi kebesaran Ninik Mamak.

Dihadiri langsung oleh empat Ninik Mamak Persukuan besar di Teratak Buluh yakni Ninik Mamak Persukuan Melayu Anto Datuok Marajo , Ninik Mamak Persukuan Melayu Muhammad Firdaus Datuok Sinaro yang akan di lantik, Ninik Mamak Persukuan Caniago Muslim Datuok Godang, dan Ninik Mamak Persukuan Piliang Bustami Datuok Jo Anso Muhammad Firdaus SE.MM yang baru Resmi di Nobatkan Sebagai Datuk Sinaro Persukuan Melayu Teratak Buluh.
Selain itu juga dihadiri oleh Pimpinan DPRD Kampar Repol, S.Ag, Dandim 0313 /KPR Letkol Arh Mulyadi, Anggota DPR RI Dra. Misharti, S. Ag, M. Si, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar drg Yusi Prastiningsih Firdaus, Anggota DPRD Kampar Ashar, S. Ag, para Asisten Dan staf ahli Bupati Kampar Kepala OPD dilingkungan Pemerintah kabupaten kampar, Camat Siak Hulu Rahmat Fajri, Kepala Desa se Kecamatan Siak Hulu serta anak kemanakan Persukuan Melayu Kenegerian Teratak Buluh.

Baca Juga :   Tim Puslitbang Polri Gelar Penelitian dan Supervisi di Polres Kampar

Usai Pelantikan sebagai Pucuok adat Datuok Sinaro Persukuan Melayu Teratak Buluh Muhammad Firdaus SE.MM yang juga Pj Bupati Kampar menyatakan ini adalah amanah dan tanggung jawab moral, dalam melaksnakan tugas – tugas Datuok Sinaro, mohon dukungan kita semua agar ini dapat dilaksnakan dengan baik” Kata Muhammad Firdaus SE.MM Datuok Sinaro.

Begitu juga kepada ninik mamak dan para ulama, mohon dukungan dalam membangun negeri kabupaten kampar yang kita cintai ini, karena untuk membangun tidak bisa hanya di lakukan oleh pemerintah sendiri ” Kata Muhammad Firdaus SE.MM yang didampingi oleh Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar drg Yusi Prastiningsih

Baca Juga :   Unik, Bhabinkamtibmas Polsek Bangkinang Barat Himbau Pemilu Damai dengan Bawa Perpustakaan Keliling

Kami juga mengucapkan kepada Ninik Mamak Kenegerian Teratak Buluh khususnya Persukuan Melayu yang telah malaksanakan prosesi Penobatan Datuok Sinaro ini, terkhusus Ketua LAK dan Sekretariat LAK Kampar ” Kata Muhammad Firdaus SE.MM Datuok Sinaro.

Sementara itu Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK) Drs. H. Yusri, M.Si menyatakan bahwa Penobatan ini meruapakn bentuk terjaganya adat istiadat Kampar, turun menurun yang telah dijalankan ratusan tahun oleh pendahulu kita.

Ini prosesi yang sangat sakral, baiyo batidak Basamo-samo bermufakat, tidak semua orang bisa menjadi Ninik Mamak, harus orang yang patut dan tepat, kita sangat bahagia dikampar ada 64 Kenegerian dan 514 Ninik Mamak, alhamdulilah Pj Bupati Kampar salah satu dari Ninik mamak yang di Nobatkan pada hari ini ” Kata Yusri.

Ninik Mamak telah memberikan peran penting dalam membina, mensinergikan dengan pemerintah, dengan penegak hukum, Semua ini akan menjadi tugas Ninik Mamak” Kata Yusri yang juga merupakan staf Ahli Bupati Kampar bidang politik hukum dan kemasyarakatan tersebut

Kami berharap dengan telah Penobatan ini kami ucapkan selamat semoga akan memberikan kemudahan dalam pembinaan bagi anak kemanakan di Kenegerian Teratak Buluh dan Kampar pada umumnya ” Kata Yusri lagi.

Baca Juga :   Polsek Tambang Tangkap Pelaku Penganiayaan di Desa Pulau Rambai

Terkahir dikatakan Yusri bahwa masih ada satu agenda besar lagi yang akan kita lakukan yakni Penobatan Payung Panji adat Kampar yang sampai saat ini masih kosong, insyaallah dalam waktu dekat akan kita lakukan Penobatan” Tutup Yusri.

Selaku tuan rumah dan orang semondo Syahrial Azhari dalam pidato singkatnya bahwa Pengukuhan ini telah melalui proses adat, alhamdulilah Penobatan dan pengukuhan ini telah kita lakukan di rumah siompu Maryanda Yanik ” Kata Syahrial Azhari.

Sedangkan Atas nama anak kemakan dari Persukuan Melayu Sinaro Taromi menyatakan bahwa kami selaku Persukuan ninik mamak melayu Kenegerian Teratak Buluh yang telah menyebar ke benergai negeri telah sepakat dan setuju telah dapat kita Nobatkan H. Muhammad Firdaus SE.MM menjadi Datuok Sinaro Persukuan Melayu ” Kata Taromi

Mohon dukungan tunjuk ajar dari Persukuan yang ada di Kenegerian Teratak Buluh beserta seluruh anak kemanakan yang ada di Persukuan Melayu” Katanya lagi

Komentar