Polda Riau Gelar Latihan Pra Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru – Pada hari Rabu pagi, (28/2/2024), sekitar pukul 08.00 WIB, di Aula Tribrata Lantai 5 Polda Riau, menjadi saksi bagi latihan Pra operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024. Acara ini di pimpin oleh Wakapolda Riau Brigjen.Pol. K. Rahmadi di dampingi Irwasda Kombes.Pol. Hermansyah dan Karo Ops Ronny Lumban Gaol serta para Pejabat Utama (PJU) lainnya.

Acara dimulai dengan pembuka acara, dilanjutkan dengan bersama-sama menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan di ikuti oleh para peserta sebanyak 105 orang, Kemudian pembacaan laporan secara singkat mengenai latihan pra operasi oleh Karendal Ops AKBP Mumpang, dilanjutkan dengan pemasangan tanda peserta Oleh Wakapolda kepada dua orang perwakilan peserta.

Baca Juga :   Asisten Intelijen Kejati Riau mengikuti Kegiatan Media Gathering Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung RI Tahun 2023 secara virtual

Wakapolda Riau Brigjen.Pol. K. Rahmadi dalam arahan dan pernyataan pembukaan, Beliau menekankan pentingnya keselamatan lalu lintas, terutama menjelang Idul Fitri 2024. Operasi ini bukan hanya operasi Polda, tetapi juga melibatkan seluruh Polres jajaran dua belas kabupaten kota.

“Kita harus menyamakan persepsi karena operasi ini adalah operasi Mandiri kewilayahan, berarti bukan operasi Polda saja, tetapi juga operasi Polres-polres,” ujarnya.

Beliau menyoroti pentingnya merubah perilaku dan mindset masyarakat terkait budaya tertib lalu lintas, yang merupakan tatanan tertinggi dalam sebuah peradaban.

Baca Juga :   Subsatgas PHH Brimob Latihan phisik dan Sosialisasi Perkap 08 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar HAM dalam Penyelenggaraan Tugas Polri

“Merubah perilaku dan merubah kebiasaan itu tantangannya lebih sulit, maka banyak strategi yang harus kita gunakan untuk merubah itu, tidak selalu harus memberikan penindakan,” tambahnya.

Penciptaan kondisi keamanan dan ketertiban lalu lintas menjelang Idul Fitri 2024 menjadi fokus utama. Operasi tersebut akan melibatkan lebih banyak personil dan target, dengan kegiatan pengamanan yang telah dipersiapkan dengan matang.

“Transportasi orang dan barang pada saat pengamanan Idul Fitri harus berjalan lancar, tidak ada persoalan besar lagi karena sudah didahului, dari sekarang kita sudah mapping daerah-daerah yang memang betul-betul rawan kecelakaan,” paparnya.

Baca Juga :   Selama 2023, 39 Kg Sabu dan 21 Ribu Butir Pil Ekstasi Diamankan di Riau

Diketahui bahwa Latihan Pra Operasi ini di laksanakan selama satu hari dan kemudian untuk pelaksanaan Operasi itu sendiri akan dilaksanakan selama 14 hari di mulai tanggal 4 sampai dengan 17 Maret 2024, dengan salah satu sasaran utama adalah Pengendara yang tidak tertib berlalu lintas

Dengan demikian, latihan pra operasi ini menjadi langkah awal yang penting dalam memastikan keselamatan dan kelancaran lalu lintas menjelang perayaan Idul Fitri 2024.

Komentar