Polda Riau Serahterimakan 15 Unit Senjata Api dan 550 Amunisinya Pada 5 UPT Lapas/Rutan di Riau

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru – Kepolisian Daerah Riau melalui Direktorat Intelijen dan Keamanan (Intelkam) ini menggelar acara serah terima senjata api laras pendek dan amunisinya kepada 5 Lapas dan Rutan di Riau, Selasa (27/2). Senpi dan amunisinya ini merupakan pengadaan barang milik negara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Tahun Anggaran 2023. Acara yang berlangsung di Ruang Intelkam Polda Riau ini merupakan bagian dari upaya peningkatan keamanan di lingkungan UPT Pemasyarakatan Riau.

Dalam kegiatan ini, diserahkan total sebanyak 15 unit senjata api laras pendek beserta 550 amunisinya. Rinciannya adalah Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian menerima 3 unit senpi dan 150 buah amunisi, sedangkan Lapas Kelas IIB Selatpanjang, Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan, Rutan Kelas IIB Dumai dan Rutan Kelas IIB Rengat masing-masing menerima 3 unit senpi dan 100 buah amunisi. Selain itu, 5 lapas/rutan ini juga masing-masing menerima 3 buah Kartu Penguasaan Pinjam Pakai (Pengpin) Senpi, 6 buah magazien, 6 buah pembersih senpi, 3 buah hoster senpi, dan 3 buah sarung magazien.

Baca Juga :   Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jeki Rahmat Mustika, Melakukan kegiatan peninjauan di Gudang Logistik KPU Kota Pekanbaru

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir mengungkapkan bahwa pengadaan berupa senjata api dan amunisinya bermanfaat sebagai bentuk pertahanan untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan dan gangguan keamanan dan ketertiban pada Lapas dan Rutan.

Sebelumnya, pada 29 Januari 2024 lalu, telah dilakukan Tes Psikologi bagi penanggung jawab pemegang senjata api yang hasilnya semua peserta telah lulus. Tes ini menegaskan kesiapan mereka dalam mengelola senjata dengan penuh tanggung jawab.

Baca Juga :   Datangi Kediaman Kapolda Riau, Danrem 031/WB Beri Surprise Irjen Iqbal di Hari Bhayangkara ke 77

Penyerahan senjata api turut disaksikan oleh Kepala Sub Bidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Riau, Koko Syawaluddin Sitorus. Koko berpesan agar penggunaan senjata dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan bertanggung jawab, serta berharap kehadiran senjata tersebut dapat menguatkan pengamanan lapas/rutan demi menciptakan kondisi yang aman dan tertib. “Saya berharap dengan adanya senjata api ini dapat membantu rekan-rekan pengamanan lapas/rutan dalam bertugas. Laksanakan dengan penuh tanggungjawab, berhati-hati selalu dan jangan bertindak sewenang-wenang,” sebutnya kepada seluruh jajaran lapas/rutan yang hadir.

Baca Juga :   DPP- SPKN Laporkan 3 Paket Proyek Dinas PUPR Rohil TA 2022 Ke Kejati Riau "Diduga Rugikan Keuangan Negara"

Kanwil Kemenkumham Riau berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan keamanan dan ketertiban di lapas/rutan/LPKA demi menjaga kondusifitas lingkungan yang aman dan terkendali. Serah terima senjata api ini diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam upaya tersebut.

Komentar