Polres Dumai menggelar Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke – 77 Tahun 2023 di Halaman Kantor Walikota Dumai

Allnewsterkini. Com | DUMAI – Polres Dumai menggelar Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke – 77 Tahun 2023 di Halaman Kantor Walikota Dumai Jalan Tuanku Tambusai Kelurahan Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur, Sabtu (1/7/2023).

Upacara dipimpin oleh Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K selaku Inspektur Upacara. Sementara bertindak sebagai Komandan Upacara, Kapolsek Dumai Kota Ipda Gery Barloy Pangestu, S.Tr.K.

Peringatan Hari Lahir Institusi Polri Ke-77 turut dihadiri oleh Walikota Dumai H. Paisal, SKM, Mars, Wakil Ketua DPRD Kota Dumai Mawardi, Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Karadi Bangun, S.E, M.Tr.Han, M.M, Dan Sat Radar 232 Dumai Letkol (Lek) M. Fatahillah Possuma, Dandim 0320/Dumai Letkol (Inf) Antony Triwibowo, Dan Den Arh Rudal 004 Dumai Mayor (Arh) Risna Guntar Pradana, S.IP, Dan Kie Pan Yon 132/BS Kapten (Inf) Putra Kurnia Firmansyah Zendrato.

Tampak hadir pula Kepala Kejaksaan Negeri Kota Dumai Agus Herimilyanto, S.H, M.H, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Dumai Laila Nofera Bakar, S.Ag, M.Ag, Ketua Pengadilan Negeri Koya Dumai Effendi, S.H, M.H, Ketua Pengadilan Agama Kota Dumai Drs. Alfian, M.Ag, Ketua KPU Kota Dumai Darwis, S.Ag, Ketua Bawaslu Kota Dumai Zulfan, para Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek Jajaran Polres Dumai, Pengurus Bhayangari Cabang Dumai, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga :   Polres Dumai Gelar Bakti Kesehatan, Bakti Sosial, Dalam Rangka Memperingati 33 Tahun Pengabdian AKABRI Lulusan Tahun 1990

Secara terpusat, Upacara Peringatan Hari Bhayangkara akan dilangsungkan di Mabes Polri Jakarta, pukul 15.00 WIB hari ini. Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo akan bertindak sebagai Inspektur Upacara sekaligus memberikan arahan kepada seluruh personel Polri.

Sehingga pada pelaksanaannya, Kapolres Dumai membacakan Amanat Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K, M.H, yakni :

Melalui kesempatan ini, selaku Pimpinan Polda Riau, saya mengucapkan Selamat Memperingati Hari Bhayangkara Ke – 77 Tahun 2023. Kepada seluruh anggota dan keluarga besar Polri, di manapun berada dan bertugas, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, juga saya sampaikan atas pengabdian saudara, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Berbagai pengalaman sejarah selama perjalanan waktu 77 tahun ini, telah mematangkan karakter pengabdian untuk menjadikan Polri lebih cerdas dan tegar, dalam mengemban tugas memelihara keamanan dalam negeri.

Menyikapi permasalahan di atas, seluruh anggota Polri khususnya Polda Riau, selain tetap berpegang teguh dan berpedoman pada prinsip netralitas dan tidak memihak dalam Penyelenggaraan Pemilu, juga harus mampu menentukan langkah-langkah yang proaktif, sehingga potensi konflik yang ada dapat dikelola dan diantisipasi sedini mungkin agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, hal ini sejalan dengan tema Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023 ini, yaitu ‘Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju’.

Baca Juga :   Walikota Dumai H. Paisal, SKM, Mars Bertindak Sebagai Pemimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di Mapolres Dumai

Tema ini merupakan representasi dari tekad dan semangat kita, untuk senantiasa bersama-sama dengan seluruh stakeholder, melakukan perbaikan, pembenahan serta berkomitmen menjadi lebih baik lagi, dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menyampaikan beberapa pesan dan instruksi kepada seluruh personel Polda Riau dan Jajaran, sebagai berikut :

1. Tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas.
2. Tanamkan terus kesadaran diri, bahwa profesi Kepolisian yang saudara emban, merupakan wujud pengabdian yang mulia kepada masyarakat, bangsa dan negara oleh karena itu, tingkatkan kecintaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri dengan memberikan pengabdian serta karya yang terbaik.
3. Inventarisir permasalahan di lapangan dalam penanganan konflik sosial, dan tingkatkan kemampuan deteksi dini, terhadap berbagai kemungkinan terjadinya tindak kekerasan dan kriminalitas, serta upayakan pencegahannya secara maksimal, jika langkah pencegahan tidak berhasil, maka lakukan tindakan hukum yang tegas, guna menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan dimasyarakat.
4. Tingkatkan kesiapsiagaan operasional untuk mengantisipasi eskalasi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat, agar kehadiran aparat kepolisian tidak terkesan mendadak, dalam menangani konflik komunal, maupun tindakan anarkis lainnya.
5. Tingkatkan kerjasama, koordinasi, dan komunikasi yang efektif antar penegak hukum, pengemban fungsi kepolisian dan segenap pemangku kepentingan sebagai implementasi dari pendekatan sinergi polisional, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024.
6. Kepada segenap unsur pimpinan Polri di semua level, saya instruksikan untuk lebih memberikan keteladanan dan mempererat soliditas, baik internal Polri maupun dengan TNI, guna memastikan pelaksanaan tugas yang lebih efektif dan berkualitas.
7. Polri bukanlah hanya milik Polri semata, namun Polri adalah milik kita semua, baik pemerintah maupun masyarakat. Karena itu, dukungan dan doa dari semua pihak sangat kami butuhkan guna mewujudkan harapan pemerintah dan masyarakat.

Baca Juga :   Polres Dumai Memberikan Bantuan Air Minum Kepada Masyarakat di Tanah Adat Dalam Rangka Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-68

Usai penyampaian amanat tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian Piagam Penghargaan kepada Forkopimda Kota Dumai, personil Polres Dumai Berprestasi Dan Teladan, Masyarakat yang berjasa pada Polri khususnya Polres Dumai, Pembagian Hadiah Perlombaan Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023 dan Penyaluran Progam Unggulan Kapolres Dumai Peduli bersama Penyaluran Zakat Profesi Akbar oleh UPZ dan Baznas Kota Dumai.

Komentar