Sekban Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Encep Sahayat Lakukan Koordinasi Pemantauan Situasi Pemilu

Allnewsterkini. Com | Tangerang – Dalam upaya memastikan pelaksanaan tahapan pemilihan umum (pemilu) berjalan sesuai rencana dan dalam upaya mewujudkan pemilu damai dan kondusif, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang melakukan koordinasi pada hari Kamis (18/01/2024) bertempat di Ballroom Istana Nelayan, dihadiri oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu), jajaran Badan Kesbangpol dan para Kepala Seksi ( Kasi) Pemerintahan Kecamatan dan Kasi Pemerintahan Kelurahan se-Kabupaten Tangerang.

Baca Juga :   Ditemui Tim Ops NCS Polri, KH Nasaruddin Umar: Masjid Istiqlal Jadi Jembatan Pemersatu Bangsa

Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Encep Sahayat, mengatakan bahwa pelaksanaan tahapan pemilu sudah dan sedang dilaksanakan sebagaimana Peraturan KPU nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu.

“Pelaksanaan tahapan pemilu saat ini antara lain sedang dalam masa kampanye, pengelolaan logistik pemilu dan pendistribusian logistik pemilu. Para Kasi Pemerintahan di Kecamatan dan Kelurahan bersama dengan pemangku kepentingan lainnya perlu terus melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan tahapan pemilu dan situasi pemilu di wilayah masing-masing,” ujar Encep.

Baca Juga :   HUT Kemerdekaan RI Yang Ke 78 Tahun Momentum Untuk Bersatu Membangun Desa.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Muhamad Umar, menyampaikan bahwa kampanye pemilu merupakan kegiatan peserta pemilu atau pihak lain yang dutunjuk oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi. Program dan/atau citra diri peserta pemilu. Kampanye pemilu adalah wujud dari pendidikan politik masyarakat yang dilaksanakan secara bertanggungjawab untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu.

“Pada Peraturan KPU nomor 15 tahun 2023 diatur misalnya terkait larangan menempelkan bahan kampanye pemilu di tempat tertentu atau memasang alat peraga kampanye pemilu di tempat tertentu, termasuk larangan kepada pelaksana, peserta dan tim kampanye,” kata Umar.

Baca Juga :   Jaksa Agung ST Burhanuddin Memperoleh Penghargaan “Person of The Year in Good Governance”

Sementara itu, anggota Bawaslu Kabupaten Tangerang, Ulumudin, memaparkan aspek hukum dalam pengawasan kampanye dan logistik pemilu, antara lain hal-hal yang diawasi dalam kampanye, seperti adninistrasi kampanye, penyelenggara kampanye, metode kampanye, peserta kampanye dan materi/konten/isi kampanye.

Komentar