Stafsus Menkumham  Fajar Lase Apresiasi Layanan Lapas Kelas IIA Bangkinang

Allnewsterkini. Com | Bangkinang – Untuk pertama kalinya, Staf Khusus Menkumham Bidang Transformasi Digital, Fajar B.S. Lase, mengunjungi Lapas Kelas IIA Bangkinang. Disambut dengan hangat oleh Kepala Lapas Bangkinang, Mishbahuddin, beserta jajarannya, stafsus kemudian berkeliling lapas demi melihat langsung layanan yang ada, Selasa (6/6).

Dapur tempat pengolahan makanan warga binaan menjadi tempat yang pertama disasar Fajar Lase. Urusan perut menjadi perhatian penting baginya karena apabila kebutuhan warga binaan aman, akan berdampak baik bagi kondusifitas lapas. Dihadapan petugas dan tamping dapur, Fajar Lase meminta makanan dimasak dengan baik dan higienis. Takaran bumbu dan gizi harus tepat, jangan makanan nanti menjadi mubazir akibat rasanya yang keasinan atau malah hambar.

Baca Juga :   Kapolsek Perhentian Raja "Moment Pemilu Adalah Moment Kesatuan Bangsa"

Lanjut ke pabrik roti, program andalan Lapas Bangkinang. Sekitar 10 warga binaan setiap hari memproduksi roti yang dijual di dalam dan luar lapas. “Sudah lama bisa membuat roti ini? Siapa yang mengajari? Manfaatkan dengan baik kesempatan ini ya, biar nanti bebas bisa menjadi lahan pekerjaan,” kata Falas, sapaan akrab Stafsus.

Berpindah ke warung kopi yang juga dikelola warga binaan. Ada sekitar 4 orang WBP yang dalam sehari bisa menjual 80 gelas kopi dan milshake. Varian harganya cukup terjangkau, 12 hingga 14 ribu. “Hebat juga ya, walau dipenjara tapi punya penghasilan. Tekuni dengan baik ya, semoga bebas nanti jadi pengusaha yang sukses biar tidak melanggar hukum kembali,” pesan Stafsus.

Baca Juga :   Dikunjungi Anak TK, Kapolsek Sebut Polisi Sahabat Anak

Falas kemudian meninjau layanan mandiri Sistem Database Pemasyarakatan (SDP). Dia meminta agar layanan ini dimaksimalkan karena inilah salah satu layanan unggulan Kemenkumham. Warga binaan bisa mengakses status masa hukumannya dengan anjungan mandiri ini. Bisa mengecek kapan bebas, kapan pengurusan PB, CB, CMB, CMK atau remisi yang diperoleh.

Sebelum meninggalkan blok hunian, Stafsus bertemu dengan rombongan warga binaan yang baru usai melaksanakan sholat Zhuhur berjamaah. Falas kembali berpesan agar seluruh WBP dapat hidup berdampingan dengan baik, mentaati aturan dan menghormati petugas, karena lapas ini merupakan rumah persinggahan sementara mereka. “Ini rumah kita, kita jaga baik-baik. Petugas dan warga binaan harus saling hormat dan menghargai,” kata Falas.

Baca Juga :   Polsek Tapung Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor

Menutup kunjungannya, Falas mengumpulkan para pejabat lapas. 3 Kunci Pemasyarakatan Maju plus Back To Basic harus dipedomani dan dilaksanakan disini, ucapnya. “Saya lihat kondisi lapas sudah sangat baik. Bersih dan teratur. Pastikan WBP aktif beraktivas, artinya ada kegiatan agama, olahraga dan keterampilan. Dan semua harus terlaksana seimbang, jangan sampai membosankan ya,” tutup Falas mengapresiasi kinerja Lapas Bangkinang.

Komentar