Tekan Resiko, BPBD Pekanbaru Bekali Ibu-Ibu PKK Mitigasi Bencana

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru – Guna menekan resiko bencana, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membekali para ibu Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Marpoyan Damai. Pembekalan ini dalam bentuk sosialisasi dan pembinaan kebencanaan bertemakan “Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Kepada Seluruh Kader PKK Se-Kecamatan Marpoyan Damai” di gelar pada Rabu (24/5/2023).

Baca Juga :   43 Guru dan Tenaga Pendidik di Riau dapat Penghargaan dari Kemendikbudristek

Pada kesempatan ini Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, S.STP., M.Si diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Oktavianus Nahuway, S.H menyampaikan melalui gerakan ini keluarga dan masyarakat diharapkan dapat mampu menolong dirinya sendiri serta tanggap dan tangguh akan terjadi bencana.

” Melalui gerakan ini, diharapkan individu, keluarga, dan masyarakat mampu menolong dirinya sendiri, juga tanggap dan tangguh bencana, ” harapnya

Baca Juga :   Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Petugas Lapas Pekanbaru Lakukan Pengecekan Kamar Hunian dan Sosialisasi

Selain itu, Kabid Okta menyampaikan bahwa dalam melibatkan gender khususnya bagi para ibu PKK ini merupakan yang pertama kali diadakan untuk meningkatkan peran mereka dalam membantu penanganan bencana.

“Peran ibu PKK ini sangat penting yang sering menggerakan di lingkungannya dalam membantu penanganan bencana seperti kegiatan masak di Dapur Umum, dilibatkan dalam upaya trauma healing bagi anak-anak korban bencana. Peran mereka ini lah sangat diperlukan sehingga keterlibatan para ibu PKK juga diikutsertakan dalam pengurangan resiko bencana, nantinya” terang Okta

Baca Juga :   Hari ke 2 Ops Patuh," Kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas harus semakin baik

Komentar