UMRI Antar Mahasiswa KKN Internasional ke Malaysia

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru – SEBAGAI implementasi nyata dari MoU yang sudah ditandatangani dalam rangka program internasionalisasi, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) mengantar mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional perdana di Alfikh Orchard, Selangor, Malaysia, Senin (3/7/2023).

Pengantaran dan penyerahan mahasiswa KKN Internasional langsung dipimpin Wakil Rektor 1 UMRI, Dr. Wirdati Irma, S.Pd., M.Si didampingi Ketua LPPM Umri, Dr. Aidil Haris, S.Sos., M.Si, Sekretaris LPPM Umri, Muhammad Ahyaruddin, SE., M.Sc. Ak, Ketua Panitia KKN, Hicmaed Tachta Hinggo, MBA dan Dosen Pendamping Lapangan, Pahmi, S.Pd., MA.

Sesampainya di lokasi, kegiatan diawali dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) oleh Ketua LPPM UMRI dan Founder Al-Fikh Orchard. Acara diawali sambutan oleh Puan Hjh Siti Ruzita Ramli, Founder Al-Fikh Orchard selaku tuan rumah. Dalam sambutannya Puan Siti menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan UMRI yang telah memilih Al-Fikh Orchard sebagai tempat KKN internasional UMRI.

Baca Juga :   Wakapolda Riau dan Kapolres Rohil Beri Sembako ke Korban Banjir dan Sosialisasikan Pemilu

“Kami pihak Al-Fikh Orchard sangat senang dengan kedatangan mahasiswa UMRI. Pada dasarnya, Al-Fikh sangat terbuka untuk bekerjasama dengan pihak luar karena melalui kolaborasilah kita bisa berbagi ilmu dan membuka jaringan antar bangsa,” kata Puan Siti Ruzita Ramli.

Dijelaskannya, secara teknis mahasiswa UMRI akan disebar pada tujuh cabang Al-Fikh Orchard di Malaysia. Mereka akan membantu pihak Al-Fikh sesuai latar belakang ilmu yang mereka miliki. Oleh karenanya Puan Siti berpesan agar mahasiswa selalu mengedepankan semangat kerjasama dan tolong menolong. Selain itu, pihak Alfikh Orchard juga akan membawa mahasiswa untuk berwisata ke tempat-tempat populer di Malaysia disela-sela kegiatan utama mahasiswa mengabdi di lokasi KKN.

Baca Juga :   Anggota DPRD Riau Fraksi PKB, Sugianto Tinjau Pengerjaan¬† Semenisasi di Kelurahan Simpang Tiga

Sementaea itu, Wakil Rektor 1 UMRI, Dr. Wirdati Irma, S.Pd., M.Si, dalam sambutannya juga merasa bahagia karena Al-Fikh Orchard bersedia menerima mahasiswa UMRI melakukan KKN Internasional ditempat mereka.

“Kami dari UMRI sangat berbahagia disambut dengan luar biasa oleh Puan Siti beserta jajaran. Setelah 15 tahun UMRI berdiri, alhamdulillah tahun ini bisa melaksanalan KKN Internasional yang memang menjadi fokus Bapak Rektor kami, Dr. Saidul Amin, MA. Kali ini kita mulai dengan Al-Fikh Orchard di Malaysia, insyaAllah tahun depan kita kirim juga mahasiswa ke beberapa negara di Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Brunei Darussalam, Singapura, dan Filipina dimana UMRI juga sudah menjalin kerjasama,” ucap Wakil Rektor 1 UMRI, Dr. Wirdati Irma, S.Pd., M.Si.

Baca Juga :   Majelis Hukum dan HAM, PW Aisyiyah Riau Beri Edukasi Bahaya Bullying

Ketua LPPM Umri, Dr. Aidil Haris, S.Sos., M.Si menambahkan bahwa KKN internasional kali ini menjadi pilot project bagi LPPM UMRI. Kedepannya akan terus ditingkatkan jumlah mahasiswa yang akan mengikuti KKN Internasional karena ini memiliki nilai yang tinggi dalam akreditasi. Lebih lanjut Dr. Aidil menyampaikan mahasiswa yang ikut KKN Internasional kali ini berasal dari Program Studi Farmasi, Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Perbankan Syariah, dan Psikologi Islam.

Komentar