Upacara dan Syukuran Hari Bhayangkara ke-77 Polres Inhu Tampilkan Beragam Seni Budaya

Allnewsterkini. Com | INHU – Upacara dan syukuran Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 yang dilaksanakan Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Rengat, 1 Juli 2023 pagi berlangsung khitmad dan meriah. Pasalnya, masyarakat bisa menyaksikan langsung rangkaian kegiatan bersejarah bagi Polri itu.

Berbagai kesenian dan ragam budaya serta kearifan lokal yang ada di Kabupaten Inhu ditampilkan ketika puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-77, mulai dari Tari Persembahan, Barongsai, Tor-tor, Rentak Bulian, Jaranan Kepang, hingga tarian kehormatan asal Sriwijaya, Perlambang, Sumatera Selatan.

Semua tampilan kesenian dan beragam adat di Kabupaten Inhu ini membuktikan jika Kabupaten Inhu merupakan daerah yang dihuni oleh berbagai suku bangsa, meski berbeda dan beragam, namun segenap lapisan masyarakat Inhu tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan dalam menjaga Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif.

Diawali dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Kapolres Inhu, Cad. Inspektur Upacara Wakapolres Inhu, Kompol Dwi Yatmoko, S.TP., S.I.K., M.I.K, Perwira Upacara AKP Martius Ashairi, Cad. Perwira Upacara AKP Aman Aroni, S.H, Komandan Upacara, Iptu Andraleksi dan Cad. Komandan Upacara Ipda Ario Setiady, S.H, M.H.

Dalam amanatnya, Kapolres menyampaikan, berbagai pengalaman selama perjalanan 77 tahun ini, telah mematangkan karakter pengabdian untuk menjadikan Polri lebih cerdas dan tegar, dalam mengemban tugas memelihara keamanan.

Patut disyukuri, beberapa prestasi dan pencapaian kinerja Polri, dewasa ini telah mendapat apresiasi dari pemerintah, masyarakat, bahkan dunia internasional. Selanjutnya, perlu kita pahami bersama, bahwa kesuksesan dan capaian Polri dalam melaksanakan tugas, tidak terlepas dari bantuan, dukungan serta kerjasama dengan masyarakat dan seluruh stakeholders.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat beserta instansi terkait, yang telah berpartisipasi Polri. Mendukung pelaksanaan tugas Polri,” ucap Kapolres.

Sebagaimana diketahui, bahwa tantangan yang dihadapi Polri adalah residu tugas permasalahan yang mengendap pada berbagai aspek kehidupan, kemudian mengalir dan muncul menjadi gangguan Kamtibmas dengan berbagai bentuk dan karakteristik yang beragam.

Hal ini menimbulkan konsekuensi bagi untuk terus melakukan kerjasama dan kemitraan yang sinergis dengan masyarakat serta seluruh elemen terkait, agar potensi kamtibmas yang dan gangguan ada dapat ditangani secara komprehensif, tuntas dan tidak berkembang secara luas.

Sehubungan dengan hal di atas, tema yang diangkat pada peringatan ke-77 hari Bhayangkara tahun 2023 ini yaitu Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju”. Melalui komitmen bersama menuju transformasi polri yang presisi, jati diri sebagai Bhayangkara sejati yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan dalam mengemban amanah sebagai pemelihara Kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Baca Juga :   Kasat Lantas Buka Rumah Makan Dadakan di Titik Rawan Laka Lantas dan Imbau Pemilu Damai

Pada kesempatan itu, Kapolres menegaskan beberapa pesan pada personel Polres Inhu, pertama, tingkatkan kualitas dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas. Kedua, tanamkan terus kesadaran diri, bahwa profesi kepolisian yang saudara pilih, merupakan wujud pengabdian yang mulia kepada masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, tingkatkan kecintaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri, dengan memberikan pengabdian serta karya yang terbaik.

Ketiga, inventarisir permasalahan di lapangan dalam penanganan konflik sosial dan tingkatkan kemampuan deteksi dini terhadap berbagai kemungkinan terjadinya tindak kekerasan dan kriminalitas, serta upayakan pencegahan secara maksimal, jika langkah pencegahan tidak berhasil maka lakukan tindakan hukum yang tegas, guna menjamin kepastian hukum.

Selepas Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-77, dilanjutkan dengan syukuran diawali dengan pemberian reward pada personel Polres Inhu berprestasi, rekan wartawan media online dan cetak mitra Polres Inhu serta pada masyarakat yang aktif membantu Kepolisian dalam menciptakan Harkamtibmas.

Tidak hanya memberi reward, pada kesempatan itu, Kapolres Inhu juga menerima penghargaan dari Ketua DPRD Inhu, Elda Suhanura, S.H., M.H atas keberhasilan Polres Inhu dalam melaksanakan program Bedah Rumah Presisi (Bersih). Kemudian penghargaan dar Persatuan Wartawan PWI (PWI) Inhu, diserahkan langsung Ketua PWI Inhu, Efril Reza atas program inovasi kreatif Kapolres Inhu tidak menggunakan kantong plastik saat pembagian daging hewan kurban.

Penghargaan lain juga diberikan sejumlah Koorsu BEM se Riau, Wildani Saputra, BEM Stikes, M Apriansyah serta BEM Nurul Falah, Dicky Ari Febrian dan organisasi mahasiswa lainnya.

Kapolres Inhu, membacakan sambutan Kapolda Riau ketika acara itu menyampaikan, dihari yang bersejarah ini, merupakan momentum yang sangat tepat bagi Polda Riau beserta jajaran untuk melakukan introspeksi dan retrospeksi terhadap kinerja yang telah dilakukan selama ini, serta sejauh mana kemampuan mengemban amanah yang dipercayakan oleh masyarakat, bangsa dan negara.

77 tahun bukanlah waktu yang singkat dan mudah untuk dilalui. Berbagai dinamika dan pasang surutnya cobaan, rintangan, tantangan dan hambatan telah mewarnai perjalanan sejarah pengabdian Polri, kondisi tersebut tidak menyurutkan derap langkah Polri, sebaliknya akan memperkaya dan memperkuat nilai-nilai kejuangan insan bhayangkara sebagai ukiran prestasi yang tercatat dalam lembaran sejarah bangsa indonesia.

Baca Juga :   Dalam 1 Hari, Polres Inhu Ringkus 3 Pengedar Sabu di Dua Kecamatan

Kedepan pelaksanaan tugas Polri tidaklah semakin ringan, berdasarkan data bps indonesia secara keseluruhan akan mengalami bonus demografi, dimana jumlah penduduk indonesia usia produktif akan mencapai 64 persen dari total penduduk sekitar 278 juta jiwa (data bps : 2023). Bonus demografi ibarat pedang bermata dua, satu sisi merupakan keuntungan jika indonesia berhasil mengkapitalisasikannya.

Sebaliknya akan menjadi “bencana” apabila kualitas manusia indonesia tidak disiapkan dengan baik, misalnya penduduk yang tidak berkualitas dan produktivitas rendah, serta rasio pekerja dan lapangan pekerjaan yang timpang, surplus demografi pada akhirnya justru akan melahirkan berbagai masalah baru.

Provinsi Riau, sebagai salah satu gerbang ekonomi indonesia wilayah barat, menjadi primadona investasi dalam bidang ekonomi. Pasca pandemi Provinsi Riau mengalami kenaikan pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan (4,55% tahun 2022) di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi regional. Tingginya angka pertumbuhan ekonomi itu juga berdampak pada kondisi sosial, politik dan keamanan.

Dinamika Kamtibmas Provinsi Riau yang secara umum berjalan kondusif dewasa ini, merupakan bukti kerja nyata dari seluruh personel Polda Riau dan Polres jajaran, bersama seluruh stakeholder, yang tidak kenal lelah dan putus asa mengayomi, melayani dan melindungi masyarakat, meskipun dihadapkan pada berbagai kendala dan keterbatasan.

Berkat kerja-kerja nyata dan koordinasi yang baik di lapangan. Selama tahun 2022 hingga penghujung juni 2023 Polda Riau dan Polres jajaran telah berhasil menangani dan mencegah berbagai macam gangguan kamtibmas, mulai dari kejahatan konvensional berupa C3 (Curas, Curat dan Curanmor) sampai dengan kejahatan narkoba berskala internasional.

Ada beberapa pesan Kapolda Riau yang disampaikan Kapolres pada seluruh personel Polda Riau, khususnya Polres Inhu, yakni junjung tinggi kode etik Polri yang meliputi etika kepribadian, etika kelembagaan, etika kenegaraan dan etika hubungan dengan masyarakat yang merupakan kristalisasi dari nilai-nilai pancasila, tribrata dan catur prasetya.

“Marilah kita berdoa kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, semoga dengan yang ke-77 tahun ini, kita semua senantiasa diberikan kekuatan, ketegaran dan ketabahan lahir batin dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ucap Kapolres mengakhiri sambutannya.

Sementara, Bupati Inhu dalam sambutannya mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke-77 bagi Polri dan Polres Inhu. Melalui peringatan Hari Bhayangkara ke-77, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara Polri dan instansi pemerintah dengan melibatkan elemen masyarakat didalam membantu menjaga situasi yang kondusif.

Baca Juga :   Kenang Jasa Pahlawan, Rutan Rengat Menggelar Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023

Disampaikan Bupati, adanya peningkataan sejumlah kasus-kasus di wilayah Kabupaten Inhu seperti, kasus narkotika yang sudah marak dikalangan masyarakat dan sudah menyetuh pada kalangan anak-anak dan remaja di wilayah Inhu. Terjadinya peningkatan kasus-kasus konflik sosial di masyarakat yang juga perlu perhatian bagi pemerintah dan pihak Kepolisian.

Kemudian, tambah Bupati, dalam waktu dekat, Kabupaten Inhu akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi, tepatnya November 2023 mendatang, diharapkan juga pihak Kepolisian turut berperan didalam keamanan serta mensosialisasikan setiap potensi yang ada di wilayah Inhu.

“Kita berharap dengan pelaksanaan MTQ Provinsi dapat menjadi ajang bagi Kabupaten Inhu didalam mengenalkan berbagai potensi cagar budaya, kuliner, wisata, dan objek religi di wilayah Inhu Terima Kasih kepada Polres Inhu yang dapat memperkenalkan berbagai budaya dan etnis kepada masyarakat di wilayah Inhu kepada masyarakat dan terima kasih kepada Polres Inhu yang telah membantu penanganan konflik sosial, pandemi Covid-19, Karhutla dan permalasahan lainnya,” kata Bupati.

Rangakaian puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-77 Polres Inhu tersebut dihadiri Wakapolres Inhu, Kompol Dwi Yatmoko, S.TP., S.I.K., M.I.K, Dandim 0302 Inhu yang di wakili oleh Danramil 04 Pasir Penyu Kapten Inf B Kosasih, Staf Ahli 1 Bidang Pemerintah dan Kesra, Evi Erma Junita SKM, M.Si, Ketua LAMR Kabupaten Inhu, Ali Fahmi Aziz, Ketua PCNU Inhu, Saerozi S.Ag, Danki Brimob Batalyon C pelopor, AKP Buyung Darmawel.

Para Pimpinan Bank se Inhu, para pumpinan perusahaan swasta dan BUMN se Inhu, para Kepala Dinas dilingkup Pemkab Inhu, Ketua Majelis Kerapatan Adat LAMR Kabupaten Inhu, H. Zulkifli Gani, Ketua Aman Inhu, Gilung, Ketua Bhayangkari Cabang Inhu, Lya Dody Wirawijaya, para Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Inhu, para Ketua Ormas dan OKP se Inhu.

Ketua PC GP Ansor Inhu, Andik Setiawan, Ketua LSM MPR Bernas Inhu, Hatta Munir, Ketua Banser Inhu, Sartono, para Purnawirawan dan Warakauri Polri, para Perwira jajaran Polres Inhu, personel Polres Inhu, pengurus Bhayangkari Cabang Polres Inhu, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat se Inhu,Wakil Rektor III ITB, Gerhana Aji S.E, M.M dan undangan lainnya.

Komentar