Walikota Kota Dumai Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid An-Nahdiah

Allnewsterkini. Com | DUMAI — Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS menghadiri agenda peletakan batu pertama pembangunan Masjid An-Nahdlah yang terletak di Jl Al-Royan/Perintis Ujung RT 06 Kelurahan Bukit Batrem Kecamatan Dumai Timur, Rabu (21/6/2023).

Turut hadir dalam acara selain Walikota H Paisal, Tokoh Masyarakat yang menghibahkan lahan pembangunan masjid H Suparto, K.H. Rahmat Afifi, LC, Ketua Panitia Pembangunan Hariadi, Asisten II Syahrinaldi, Kadis Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Mukhlis Suzantri, S.Hut.T., MT., Camat Dumai Timur dan Lurah Bukit Batrem, Kapolsek Dumai Timur, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Batrem, Ketua RT 06 Sugiatno, Kyia Ketua MWC Bukit Kapur, perwakilan PT Elnusa Petrofin (tak ada perwakilan PT PHR) serta para jamaah Masjid Al-Royan.

Sebagai informasi, lahan Masjid Al-Royan atau kini berganti nama Masjid An-Nahdlah berukuran 35×46 m. Ukuran masjid 13×20 m, dikelilingi teras selebar 3 m. Saat ini jumlah dana yang telah terkumpul Rp 20 juta. Pondasi setinggi 1 m, cor balok, semen besi ukuran 12 dan 10 sebanyak 200 batang dan pasir telah ada pihak yang tanggung.

Baca Juga :   Unit Reskrim Polsek Sungai Sembilan Mengamankan Pelaku Penggelapan di Area PT. Sari Dumai Sejati (SDO)

Mengawali sambutan, H Suparto biasa disapa Mbah Parto, terlebih dahulu ungkapkan terimakasih dan syukur sebesar-besarnya kepada Tuhan YME, karena bisa dipertemukan bersama dalam acara penuh kebaikan.

“Sedari awal, saya beri nama masjid dan jalan ini Al-Royan. Karena mengandung arti pintu sorga bagi mereka yang berpuasa dengan ketulusan di dunia. Jadi, tolong nanti nama masjid segera diubah…!!,” tegas Mbah Parto, diiyakan panitia.

Selain peletakan batu pertama pembangunan masjid, acara juga dirangkai dengan pengecekan hewan kurban, berupa 2 ekor sapi, oleh dokter hewan dari DKPP Dumai.

Baca Juga :   Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton Beserta Kabag Ops Polres Dumai, Melaksanakan Pengecekan Pengamanan Ibadah Natal di Sejumlah Gereja

Saat sambutan, Kadis Mukhlis Suzantri sampaikan laporan, bahwa jumlah hewan kurban untuk tahun 1444 H/2023 M, akan ada peningkatan 5-10%, dari tahun sebelumnya.

“Tahun kemarin, jumlah Sapi sebanyak 2.187 ekor, Kambing 821 ekor dan Kerbau 1 ekor. Untuk tahun ini kami perkirakan Sapi sebanyak 2.297 hingga 2.406 ekor, Kambing 863-904 ekor, Kerbau 1-3 ekor. Ketersediaan atau stock Sapi Kurban di Peternak Kota Dumai (Jantan umur >2 th) ±450-500 ekor sapi jantan. Kekurangan hewan Kurban berangsur mulai masuk ke Kota Dumai oleh pedagang atau blantik biasanya sampai h-7,” rinci Mukhlis Suzantri.

“Semua hewan kurban kita pastikan sehat, sebelum maupun sesudah sembelih,” tutup Mukhlis.

Baca Juga :   Tim Opsnal Satreskrim Narkoba Polres Dumai Berhasil Amankan Seorang Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

Dilain sisi, Wali Kota Dumai Paisal sampaikan ucapan terimakasih kepada Mbah Parto. “Dengan memberi lahan untuk pembangunan masjid, ini merupakan suatu amal yang tak akan pernah putus,” ucap Paisal.

Paisal juga mengajak para umat untuk berpartisipasi dalam pembangunan. “Yang punya rejeki, silahkan salurkan. Yang tak punya, mari bantu tenaga,” pungkas orang nomor satu Dumai.

Selanjutnya, Wali Kota Dumai, H Paisal bersama tamu VIP, panitia dan para jamaah kemudian meninjau pengecekan kesehatan hewan kurban, setelah Wali Kota Dumai memotong tumpeng dan menyuap Mbah Parto dan K.H. Rahmat Afifi.

Diakhir acara, Hariadi sampaikan terimakasih kepada Wali Kota Dumai atas sumbangannya sebesar Rp 10 juta.

Acara ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah makan siang bersamabersama(ril)

Komentar