Wujud Sinergitas Kodim 0313/KPR Dengan Dinas Pertanian Kab. Pelalawan, Tinjau Lokasi Oplah Rawa.

Allnewsterkini. Com | Kuala Kampar – Dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0313/KPR Letkol Inf Setiawan Hadi Nugroho S.H., M.I.P., didampingi oleh Kabid PSP Dinas Pertanian Kabupaten Pelalawan Bpk Yusri Wandi S.P, M.S.I Kodim 0313/KPR melaksanakan peninjauan lokasi Optimalisasi Lahan Rawa, Di desa Sungai Solok, Kec, Kuala Kampar, Kab. Pelalawan. Selasa( 26/03/2024 ).

Optimalisasi lahan Rawa di kuala Kampar ini tujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan produksi di sektor pertanian karena Seperti di ketahui bersama bahwa wilayah Kuala Kampar berada sangat dekat dengan laut sehingga apabila terjadi pasang air laut maka air tersebut akan masuk menggenangi lahan pertanian dan merendam tanaman padi yang mengakibatkan tanaman tersebut akan mati karena terendam air asin.

Oleh karena itu Kodim 0313/KPR bersinergi dengan Dinas Pertanian kab. Pelalawan melaksanakan Optimalisasi Lahan ( OPLAH ), terkhusus Untuk lahan pertanian, di wilayah tersebut. Dengan cara membuat tanggul dan pintu air guna mengontrol pasang surut air laut sehingga air tersebut tidak menggenangi lahan pertanian.

Baca Juga :   Respon Cepat Saat Lantas dan Dishub Kabupaten Pelalawan Dalam Menekan Angka Kecelakaan Lalu lintas

Kabid pertanian kab. pelalawan, Yusri Wandi S.P, menyampaikan bahwa wilayah Kuala Kampar ini merupakan wilayah penghasil padi dan hortikultura, terbesar di kab. Pelalawan, namun wilayah tersebut sering tergenang oleh pasang surut air laut sehingga menjadi kendala bagi para petani untuk memaksimalkan hasil panennya.

Sejalan dengan program Kementrian pertanian yang bekerjasama dengan TNI AD dalam mengoptimalisasi lahan pertanian, kami dari dinas pertanian pelalawan dan kodim 0313/KPR, juga menjalin kerjasama dalam mengoptimalkan lahan yang ada di wilayah ini guna tercapainya program swasembada pangan dari pemerintah.
Tutupnya.

Baca Juga :   Raih Delapan Emas, SMPN Bernas Sabet Juara Umum O2SN SMP se Kabupaten Pelalawan

Hal Senada juga disampaikan Dandim 0313/KPR, bahwa kegiatan ini juga merupakan bentuk program dari TNI angkatan darat dalam mewujudkan ketahanan pangan, sehingga TNI Angkatan Darat bekerja sama dengan Kementan dalam optimalisasi lahan pertanian. Wilayah Kuala Kampar ini bagian dari wilayah teritorialnya kodim 0313/KPR, jadi sudah seharusnya kami hadir untuk Membantu mengatasi kesulitan masyarakat yang ada di Kuala kampar ini. Salah satunya bersinergi dengan dinas pertanian pelalawan dalam optimalisasi lahan pertanian, Sehingga kedepannya para petani di wilayah ini tidak takut atau merasa was was tanaman padi nya akan terendam oleh air pasang dari laut.

Dandim juga berharap semoga apa yang kita lakukan ini dapat memberikan manfaat untuk para petani yang ada di wilayah ini sehingga hasil pertanian menjadi maksimal. Pungkasnya.

Baca Juga :   Mesti Hari Libur Isra Mi'raj Sat Lantas Polres Pelalawan Hadir Lakukan Cooling System Jelang Pemilu 2024 Dengan Mengatur Arus Lalu Lintas di Lokasi Banjir.

Kodim 0313/KPR dan Dinas pertanian pelalawan juga menandatangani Kontrak kerja Swakelola kegiatan perbaikan infrastruktur optimalisasi lahan rawa di kabupaten pelalawan seluas 500 HA.

Turut serta pada kegiatan tersebut Danramil 15/KK, Kapten Inf H.P Barus, Perwira penghubung wilayah Pelalawan, Kapten Arh Sugiono, Pasi Ter kodim 0313/KPR Lettu Inf Dedi A.Md, Kepala Bidang Pangan, M. Taufik, SP, Koordinator Wilayah Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kec. Kuala Kampar, Zulkadri, SP, Analis Lahan Pertanian, Robet Tyson Suhendra, SP, Penyuluh Pertanian Desa Sungai Solok, Galih Yuswa, SP, Penyuluh Pertanian Desa Sungai Solok, Agus, SP, Staff Bidang PSP, Alpian, SP, Kepala Desa Sungai Solok, Zainal Abidin, Ketua Gapoktan Sukamaju Desa Sungai Solok, Zainal..

Komentar