Kades Kenanga Terima Dengan Baik Mahasiswa KKN dari STAI Sayid Sabiq Indramayu

Allnewsterkini. Com | Indramayu – Sebuah momen yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, di mana mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Sekolah Tinggi Agama Islam Sayid Sabiq (STAI) Indramayu Melaksanakan program pengabdian masyarakat mereka . Dengan tema utama “Belajar dari Masyarakat dan Mengabdi untuk Masyarakat”, mahasiswa KKN ini akan memberikan kontribusi berharga bagi kemajuan lokal dan mendalami pengetahuan mereka tentang kehidupan masyarakat.

Tujuan utama mereka adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kehidupan sehari-hari masyarakat serta memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Melalui kegiatan KKN ini, mahasiswa terlibat langsung dalam berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat setempat. Mereka akan belajar dari pengalaman nyata masyarakat sekitar, memahami permasalahan yang dihadapi, serta menemukan solusi-solusi yang inovatif dan berkelanjutan. Selama program ini berlangsung, mahasiswa KKN juga didampingi oleh dosen pembimbing yang memberikan arahan dan bimbingan agar mahasiswa dapat mengoptimalkan potensi mereka.

Baca Juga :   Rapat Koordinasi TP-PKK Kecamatan Air Salek,

Salah satu mahasiswa KKN, Neng Risma, menyatakan, “Pengalaman kami selama KKN ini akan sangat berharga. Kami akan belajar banyak dari masyarakat sekitar mengenai hidup bermasyarakat, seperti kesederhanaan hidup, semangat gotong-royong, dan pentingnya menjaga dan memanfaatkan potensi alam dengan sebaik baiknya. Kami berusaha memberikan yang terbaik dalam kontribusi kami, mulai dari mengajar anak-anak tentang pentingnya pendidikan hingga memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ibu-ibu dan remaja di desa,” ungkapnya.

Selain itu, program KKN ini juga memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat. Mahasiswa akan terlibat dalam kegiatan pembangunan infrastruktur, seperti mendirikan sarana air bersih, dan memperbaiki fasilitas publik yang rusak. Mereka juga membantu dalam pengembangan usaha mikro masyarakat dan memberikan pelatihan-pelatihan yang relevan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam berwirausaha.

Baca Juga :   Inspektur Wilayah III Itjen Kemenkumham Kunjungi Lapas Kelas IIB Banjarbaru

Hari ini, dengan perasaan haru dan bangga, mahasiswa KKN STAI Sayid Sabiq Indramayu menggelar acara penyerahan Mahasiswa KKN mereka kepada masyarakat. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, warga masyarakat, serta pihak dari STAI Sayid Sabiq Indramayu. Dalam sambutannya, kepala desa menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para mahasiswa KKN yang akan mendedikasi dan memberi kontribusi mereka dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa.

Baca Juga :   Kepala Kejati Riau Hadiri Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Jaksa Indonesia (PERSAJA) Tahun 2024

Ramli Yudarsana M.Pd i, dosen pembimbing KKN STAI Sayid Sabiq, mengatakan, “Saya berharap Kawan-kawan Mahasiswa STAI Sayid Sabiq Indramayu bisa belajar di desa kenanga dan mengikuti kultur budaya di sini agar meminimalisir ketersinggungan perbedaan budaya,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kenanga, Darpani, S.H menyambut dengan baik kedatangan Mahasiswa KKN dari STAI Sayid Sabiq Indramayu. Dirinya juga berterima kasih atas kepercayaan Civitas Academica kampus untuk menjadi Desa Kenanga sebagai tempat pelaksanaan KKN.

“Saya berterima kasih atas kepercayaannya dari Ibu dan Bapak Dosen atas amanahnya dan kami akan membimbing mereka selama KKN di sini,” pungkas Kades Kenanga (Firdaus)

Komentar