Lanud Roesmin Nurjadin Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke 115

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru – Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin menyelenggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 115 tahun 2023 bertempat di Apron Baseops Lanud Roesmin Nurjadin, Senin(22/5/2023).

Seperti diketahui Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei dimana hal ini diambil dari tanggal berdirinya organisasi Boedi Oetomo yang didirikan oleh para pelajar di School Tot Opleiding Van Inlands Artsen (STOVIA) dan di gagas oleh Dr Wahidin Sudirohusodo. Boedi Otomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu, di samping itu, Boedi oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Baca Juga :   Lanud Roesmin Nurjadin Adakan Donor Darah Selama Tiga Hari Peringati Hari Bakti TNI AU

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Mohammad Nurdin selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI menyampaikan, selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, hari Kebangkitan Nasional juga dimaknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan bersama.

Lebih lanjut Danlanud menyampaikan bahwa kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah di berbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G 20. Presidensi G 20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama ibu pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema “Recover together, recover stronger”.

Baca Juga :   Demi Pelayanan Prima, Senam Pagi Sebagai Gaya Hidup Sehat Pegawai Lapas Pekanbaru 

Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan keketuaannya dalam forum asean di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 januari 2023 yang lalu. semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pasca pandemi juga dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung tema “Asean matters: epicentrum of growth”. Dengan mengusung tema tersebut, Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional maupun global, sekaligus memperkuat posisi Asean sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia.

Baca Juga :   Ciptakan Pemilu 2024 Aman, Dit Intelkam Polda Riau dan KPU Kabupaten Bengkalis Gelar Rapat Koordinasi

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi Covid-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045. Mengutip perkataan dr. Soetomo, generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya” lanjut Danlanud

Dalam Upacara tersebut bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Mayor Lek Lilik Sardjianto, dan diikuti oleh seluruh pejabat mulai para Kadis, para Dansat, para Kasi, Kasatker, serta Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil Lanud Roesmin Nurjadin serta Insub Batalyon Komando 462 Kopasgat, Denhanud 475 Kopasgat serta Pazam 733.

Komentar