Latma _Cope West_ 2023 Mendukung Cope West 2023, Pesawat C-17 Globe Master III USAF, Mendarat di Pekanbaru

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru – Satu unit pesawat angkut berat milik United States Air Force (USAF) jenis C-17 Globe Master III, mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin (Rsb) Pekanbaru, Sabtu (11/6/2023).

Kedatangan pesawat yang membawa _ground crew_ dan logistik, untuk mendukung pesawat2 F-16 USAF selama berlangsung latihan bersama (Latma) TNI AU-USAF bertajuk _Cope West_ 2023.

Penerbangan dengan call sign *Trek-41*, diterbangkan dengan Pilot In Command Ltc. Ream Joshua, dari Osan Air Force Base (AFB) Korea Selatan. Setelah menurunkan _ground crew_ dan logistik, pesawat C-17 Globe Master III melanjutkan penerbangannya ke Kadena Air Base, Jepang.

Baca Juga :   Pemko Pekanbaru Ajukan Tenaga Kependidikan Jadi PPPK

Latma Cope West TNI AU-USAF akan dibuka secara resmi hari, Senin (12/6/2023). Latihan melibatkan pesawat tempur F-16 kedua angkatan udara. TNI AU menggunakan pesawat F-16 dari Skadron Udara 3 “Dragon” dan Skadron Udara 14 “Tiger” Lanud Iswahjudi, serta Skadron Udara 16 “Rydder” Lanud Roesmin Nurjadin. Sementara USAF menggunakan enam pesawat tempur F-16 C/D Block 40 milik Komando Utama Pacific Air Force (PACAF) yang berasal dari _35th Fighter Squadron, 8th Fighter Wing “Wolf Pack” Kunsan Air Force Base_ (AFB) yang bermarkas di Bandara Gunsan, pantai barat semenanjung Korea Selatan.

Baca Juga :   Lanud Roesmin Nurjadin Gelar Rakor dan TFG Kesiapan Pengamanan Konser Pangeran Cinta

Latma Cope West merupakan latihan bilateral antara TNI AU dan USAF ysng diwakili Kotama PACAF dengan tujuan meningkatkan kerjasama dan profesionalitas personel Angkatan Udara kedua negara yang sama-sama mengoperasikan pesawat tempur F-16. Cope West 2023 tercatat sebagai latihan Cope West ke 10 dengan tuan rumah Indonesia sejak dimulai pertama kali di Medan pada tahun 1989. Selain itu, latihan ini merupakan implementasi atas hubungan bilateral yang telah lama terjalin baik di antara kedua negara untuk bersama-sama menjaga stabilitas regional di Asia Tenggara.

Baca Juga :   Kajati Riau Hadiri Supplier Engagement Day PHR WK Rokan 2024

Komentar