Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution Luncurkan Aplikasi Sipetir Aman BBPOM Pekanbaru

Allnewsterkini. Com | PEKANBARU – Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution meluncurkan aplikasi Sinergi Pendampingan Terpadu Izin Edar yang Ramah Lingkungan (Sipetir Aman) di Hotel Premiere.

Kegiatan ini sekaligus memberikan bimbingan teknis (Bimtek) bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pangan Olahan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM).

“Sipetir aman ini salah satu inovasi BBPOM Pekanbaru dalam rangka memberikan pelayanan kepada UMKM. BBPOM membantu perizinan maupun pendampingan berkaitan dengan UMKM yang ramah lingkungan,” kata Sekdako Indra Pomi usai kegiatan.

Baca Juga :   Pelaku Pencurian Spesialis Sepeda yang Beraksi dirumah warga di Kota Pekanbaru ditangkap di wilayah hukum Polsek Tampan Polresta Pekanbaru

Program Bimtek ini sejalan dengan program Pemko Pekanbaru. Pemko sangat mendukung pertumbuhan UMKM. Bahkan, UMKM itu diberi subsidi bunga bagi meminjam ke bank.

 

“Kami juga memberikan bantuan desain kemasan produk UMKM. Hal ini dalam rangka meningkatkan kualitas produk UMKM. Sehingga, produk UMKM lebih bisa dipasarkan,” ujar Indra Pomi.

Sebenarnya, produk UMKM Pekanbaru sama kualitasnya dengan daerah lain. Namun, kualitas kemasannya belum bisa bersaing. Perizinan UMKM juga belum lengkap.

Baca Juga :   PJ Wali Kota Pekanbaru Apresiasi Beroperasinya RSAU Dr Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin

“Dengan aplikasi Sipetir Aman, UMKM ini bisa mempermudah perizinan. Instansi terkait akan mendatangi para pelaku UMKM agar diberi pembinaan,” jelas Indra Pomi.

Biaya retribusi UMKM diturunkan. Izin edar juga dapat diintervensi oleh BBPOM. Mengenai pajak, tak semua UMKM bisa dikenai pajak. Karena, ada nominal pendapatan tertentu yang dapat dikenai pajak.

Baca Juga :   Berikan Pelayanan Kesehatan, Satgas Banops Dokkes Ops Lilin-LK Patroli ke Pos PAM dan Masyarakat

“Yang penting, pelaku UMKM melaporkan pajaknya,” pungkas Indra Pomi.

Komentar