Pemprov Riau Optimis Wisatawan Meningkat dengan Dua Event Besar yang Digelar Bulan Juli 2023

Allnewsterkini. Com | PEKANBARU — Dua event besar bakal diselenggarakan di Riau pada Juli 2023 ini. Kedua event tersebut, sebagaimana diketahui yakni Festival Bakar Tongkang di Rokan Hilir dan Festival Pulau Rupat di Bengkalis Riau.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rahmat mengatakan, untuk Festival Bakar Tongkang akan digelar per 1 – 4 Juli, sedangkan Festival Pulau Rupat juga akan digelar pada bulan yang sama, persisnya pada 7 – 9 Juli 2023.

“Kami optimis dengan adanya kedua event besar ini akan semakin mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan Riau, bahkan dalam bulan Juli saja sudah dapat dilihat kenaikannya,” katanya, Senin (26/6/2023).

Roni menjelaskan, sejak Januari 2023 lalu, jumlah kunjungan wisatawan di Riau memang sudah merangkak naik, meskipun grafik kenaikannya belum terlalu signifikan.

Baca Juga :   Dishub Pekanbaru Beli Ribuan Bola Lampu LHE dan LED Untuk PJU

Namun begitu, banyak sektor menaruh harapan besar pada Festival Bakar Tongkang di Rohil, yang mana pergelaran event budaya ini akan mencuri banyak perhatian setelah tiga tahun berturut-turut tidak diselenggarakan karena berbagai faktor.

Sementara itu untuk Festival Pulau Rupat selama ini juga sudah berhasil mencuri perhatian banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara meski dalam perjalannya, berbagai destinasi wisata bahari di pulau ini masih akan digarap secara serius ke depannya.

“Untuk Festival Pulau Rupat insya Allah kita yakin lah. Persiapan-persiapan kini sedang dilakukan dan cukup banyak nantinya berkontribusi terhadap kunjungan wisatawan,” sambungnya.

Baca Juga :   Buka Kejurnas Dayung Junior, Gubri: Lahirkan Atlet Berprestasi dari Riau Untuk Indonesia

Roni menyebut, Pemprov Riau optimis bahwa kedua festival tersebut, tidak hanya berkontribusi besar terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke Riau, tapi juga akan memberikan dampak perputaran ekonomi yang signifikan bagi masyarakat tempatan.

“Jadi selain jumlah wisatawan dalam negeri, wisatawan mancanegara insya Allah juga akan meningkat kunjungannya dengan adanya kedua event ini,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat, terdapat 6.477 kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Provinsi Riau pada bulan April 2023.

Jumlah ini naik sebesar 95,56 persen jika dibandingkan April 2023 yang mana tercatat sebanyak 3.312 kunjungan.

Baca Juga :   Komandan Skatek 045 Lepas Personel Purna Tugas

Wisatawan mancanegara masuk ke Riau melalui pintu Bandara SSK II, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Bengkalis, dan Pelabuhan Tanjung Harapan Kepulauan Meranti.

Untuk pintu masuk melalui pelabuhan Dumai tercatat sebanyak 2.630 kunjungan atau 114,00 persen dari seluruh jumlah Wisman.

Kemudian melalui pelabuhan Bengkalis ada sebanyak 1.179 kunjungan atau 214,40 persen, dan melalui Pelabuhan Tanjung Harapan di Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 218 kunjungan atau 1,882 persen dari seluruh jumlah Wisman.

Sedangkan jumlah wisman yang tercatat masuk dari Bandara SSK II sebanyak 2.450 kunjungan Wisman atau 44,37 persen dari seluruh jumlah Wisman(ril)

Komentar