SMPN 2 Wonoayu Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Bersepeda Keliling Sekitar Sekolah

Allnewsterkini. Com l Sidoarjo,_ Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni 2023, SMP Negeri 2 Wonoayu melakukan kegiatan bersepeda bareng yang diikuti oleh peserta didik, kepala sekolah, guru, staf dan karyawan.

Semua warga sekolah, datang ke sekolah dengan memakai sepeda. Setelah itu, dilanjutkan dengan bersepeda keliling desa di sekitar sekolah. Hal ini bertujuan untuk menghemat penggunaan energi fosil.

“Energi fosil merupakan energi yang dihasilkan dari bahan bakar fosil yaitu bahan bakar yang terbentuk dari proses dekomposisi anaerobik dari sisa-sisa organisme purba selama ratusan juta tahun. Contoh dari energi fosil yang biasanya digunakan dalam sehari-hari adalah bensin untuk kendaraan bermotor,” terang Kepala SMP Negeri 2 Wonoayu, Dra. Siti Fatimah M.Pd.I. Rabu,(7/6/2023).

Baca Juga :   Wow Keren Di datangi pak Gubernur..... UMKM Binaan PT. Bukit Asam Di Ajang Sriwijaya Expo 2023

Ia menjelaskan, kegiatan bersepeda bareng warga SMP Negeri 2 Wonoayu dilakukan dengan keliling desa sekitar sekolah, yaitu Desa Lambangan dan Desa Becirongengor. Aktivitas tersebut sekaligus menjadi ajang kampanye ke penduduk sekitar untuk membiasakan hidup hemat energi fosil dan juga kegiatan sapa warga. Rona bahagia tampak dari wajah semua warga sekolah yang ikut dalam kegiatan bersepeda.

Baca Juga :   Jaksa Agung ST Burhanuddin, Silaturahmi Adalah Bentuk Nyata Membangun Sinergi, Karena Hidup Tidak Bisa Berjalan Sendiri

Tidak hanya itu, SMP Negeri 2 Wonoayu juga melakukan kegiatan kampanye konservasi energi pada hari Sabtu, 3 Juli 2023 lalu. Kampanye dilakukan oleh kader Adiwiyata bersama dengan guru pendamping. Sasaran kampanye adalah peserta didik SDN Becirongengor kelas V-A dan V-B.

Dalam kegiatan tersebut, ada ajakan untuk melakukan penghematan energi yang dimulai dari lingkungan sekitar sekolah. Misalnya, mencabut peralatan listrik saat tidak digunakan, bersepeda ke sekolah, memanfaatkan cahaya alami, menutup kran air setelah digunakan, serta beralih ke sumber energi alternatif.

Baca Juga :   Satgas TPPO Terus Bertindak, 532 Tersangka Dibekuk

“Kegiatan kampanye dengan peserta didik juga dilakukan dengan menempel poster hemat energi di dinding SDN Becirongengor. Penempelan poster dilakukan oleh Kepala SMP Negeri 2 Wonoayu, Dra. Siti Fatimah M.Pd.I., Kepala SDN Becirongengor, Dra. Suwarni, serta salah satu kader Adiwiyata SMP Negeri 2 Wonoayu, Virni Luk Luk Il Firdausi,” tutupnya. (Wr)

Komentar