Ziarah di tmp dan larung bunga di sungai siak, Irjen Iqbal Doakan arwah pahlawan kusuma bangsa

Allnewsterkini. Com | Pekanbaru-Suasana hening seketika menyelimuti Taman Makan Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma ketika Kepala Polda Riau Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal mengenang jasa para pahlawan. Doa terucap dalam hati mengingat bakti anak bangsa yang mempertaruhkan jiwa serta raga memperjuangkan kemerdekaan.

Tidak ada suara dari peserta apel saat mengheningkan cipta berlangsung pada Selasa pagi itu, 27 Juni 2023. Sejuknya udara di ibu kota Provinsi Riau menambah khidmat peserta apel yang diikuti seluruh pejabat utama Polda Riau dan puluhan polisi lainnya.

Mengheningkan cipta di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma itu merupakan rangkaian ziarah makam menjelang Hari Bhayangkara Polri di Polda Riau. Hari Bhayangkara ke 77 sendiri puncak peringatannya dilakukan pada 1 Juli 2023.

Sebelum mengheningkan cipta, Irjen Mohamad Iqbal terlebih dahulu memimpin apel di lapangan taman makam tersebut. Kemudian dilanjutkan penghormatan kepada pahlawan Polri.

Baca Juga :   Danlanud Roesmin Nurjadin Dapat Kejutan di HUT ke-78 Brimob

Usai mengheningkan cipta, Iqbal memasuki komplek pemakaman didampingi sejumlah pejabat utama. Bunga ditabur dan karangan diletakkan di komplek makam.

Iqbal kemudian membacakan doa tersurat untuk arwah pahlawan. Rangkaian ziarah kubur ini ditutup dengan penghormatan kepada arwah pahlawan serta diikuti tabur bunga oleh personel polisi lainnya.

Usai dari makam pahlawan, jajaran Polda Riau melanjutkan rangkaian Hari Bhayangkara ke pinggiran Sungai Siak. Salah satu sungai terdalam di Indonesia menjadi saksi sejarah perjuangan dan perkembangan Pekanbaru dan Riau secara umum.

Bertempat di Markas Komando Direktorat Polisi Air Polda Riau, Iqbal bertindak sebagai inspektur upacara. Hampir sama di makam pahlawan, jenderal bintang dua itu juga mendoakan para pahlawan.

Tidak hanya terucap, doa juga dilakukan dari hati dengan mengheningkan cipta. Iqbal juga melakukan pelarungan karangan dan tabur bunga ke perairan sungai yang membelah Kota Pekanbaru dan kabupaten lainnya di Riau tersebut.

Baca Juga :   Korem 031/Wira Bima Gelar Upacara Bendera Hari SenenĀ 

Berbeda di makam pahlawan, Iqbal bersama pejabat Polda lainnya menaiki kapal Direktorat Polisi Air mengarungi arus Sungai Siak. Dari atas kapal, Iqbal menaburkan bunga ke aliran sungai.

Tabur bunga di atas kapal ini juga diikuti Direktur Polisi Air Polda Riau Komisaris Besar Wahyu P.

Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Nandang Mu’min Wijaya menjelaskan, ziarah makam dan tabur bunga di Sungai Siak merupakan rangkaian Hari Bhayangkara yang dilakukan oleh Polda Riau.

“Tujuannya mengingat jasa pahlawan, khususnya pahlawan Polri, yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan berjasa merintis institusi polisi,” kata Nandang.

Sebelum dua kegiatan tersebut, Polda Riau juga telah membaur dengan ribuan warga Pekanbaru. Hal serupa juga dilakukan oleh Polres jajaran bersama warga Riau lainnya agar merasakan kehadiran polisi di tengah masyarakat.

Baca Juga :   Danlanud Roesmin Nurjadin Bersama Panitia Laksanakan Rapat Disertai TFG Konser Iwan Fals

“Ada Fun Walk Bhayangkara, Polres juga membuat kegiatan positif lainnya seperti fun bike dengan masyarakat,” ucap Nandang.

Beberapa hari sebelumnya, juga dilakukan bakti sosial seperti penyaluran bantuan sosial, operasi katarak, donor darah, khitanan massal dan pelayanan kesehatan lainnya bagi masyarakat.

Nandang menyatakan, rangkaian kegiatan itu juga akan diikuti dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, baik pelayanan hukum ataupun perbaikan bagi personel agar selalu menyatu dengan masyarakat.

“Ada juga olahraga bersama antara Polri dengan TNI yang menunjukkan sinergitas, soliditas dan kolaborasi menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Nandang.

Pada Senin, 26 Juni 2023, juga dilakukan penyaluran ratusan paket sembako kepada warga di Pekanbaru. Hal ini merupakan kerjasama Bidang Humas Polda Riau dengan wartawan mitra.

Komentar